" SEJAHTERA BERSAMA KOPERASI DAN UMKM "
Menu

PostHeaderIcon Kontak Dagang di Banjarbaru

Semarang-Dalam rangka kegiatan Peningkatan Daya Saing dan Pemasaran Produk UMKM, Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UMKM melaksanakan Kontak Dagang Pengembangan Jaringan dan Akses Pasar Produk KUMKM Jawa Tengah dengan pelaku usaha kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 7 April 2012 lalu.  Kegiatan ini dikemas menjadi 2 (dua) acara, yaitu Banjarbaru Fair 2012 yang digelar dari tanggal 6-10 April 2012 di Lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru serta Acara Kontak Dagang sendiri yang dilaksanakan pada tanggal 7 April 2012, di Aula Gawi Sabarataan Balaikota Banjarbaru.

Acara ini diikuti oleh delegasi yang berasal dari Jawa Tengah dan dari Kota Banjarbaru.  Delegasi Jawa Tengah diwakili oleh 8 kota di Jawa Tengah yang terdiri atas 15 UMKM pengusaha batik, tenun dan handycraft.  Sedangkan delegasi dari Kota Banjarbaru berasal dari pelaku usaha dari Banjarbaru selaku pemasar produk dimaksud (Iwapi, Penggerak PKK, Koperasi, Asosiasi UMKM, HIPMI, Kadinda, toko, butik dan pemasar lainnya.

Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan merupakan salah satu potensi pasar produk-produk batik, tenun dan hadycraft Jawa Tengah.  Beberapa hal yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini antara lain terfasilitasinya pengembangan jaringan dan akses pasar komoditas batik, tenun dan handycraft produk UMKM Jawa Tengah ke Kalimantan Selatan, dikenalnya produk UMKM Jawa Tengah oleh masyarakat Banjarbaru dan sekitarnya serta adanya peluang kerjasama dan transaksi penjualan langsung.

Adapun outcome yang diharapkan antara lain meningkatnya akses pasar produk UMKM Jawa Tengah ke Kalimantan Selatan serta meningkatnya volume usaha dan pendapatan UMKM produk batik, tenun/lurik dan handycraft Jawa Tengah. (Bid. Pemberdayaan UMKM)

<silakan klik Album Kontak dagang di Banjarbaru>

PostHeaderIcon Peresmian Gapoktan Permata Bumi Phala

Temanggung-Gapoktan atau Gabungan Kelompok Tani Permata Bumi Phala untuk pertama kalinya terbentuk di Kabupaten Temanggung, Minggu (22/04) kemarin.  Acara yang dikemas dalam bentuk Gelar Pasar Rakyat dan Sarasehan ini sedianya akan dihadiri oleh Bapak Menteri Negara Koperasi dan UKM RI, Syarifuddin Hasan.  Tetapi karena beliau berhalangan hadir, maka diwakilkan kepada Deputi bidang Produksi, Bapak Braman Setyo. Pada kesempatan ini, juga diserahkan bantuan sosial kepada 3 (tiga) koperasi antara lain :.

  • Koppas Tegoeh (Rp 50.000.000,-)
  • Koperasi Produk Unggulan Kopi Bambu Runcing (Rp 50.000.000,-)
  • KJKS Indoartha Syariah (Rp 375.000.000,-)

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah yang kali ini diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko,  mengemukakan tentang arti pentingnya koperasi pertanian dalam mendukung ketahanan pangan terutama di Jawa Tengah.  Dengan terbentuknya Gapoktan diharapkan, ketahanan pangan di Jawa Tengah akan semakin meningkat.  Gubernur berpesan, sebagai lembaga usaha yang berasal dari dan untuk petani, hendaknya Gapoktan Permata bumi Phala tidak hanya berorientasi untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya, tetapi juga dapat memberdayakan petani agar semakin sejahtera.

Kemudian dalam sambutan Menkop RI yang disampaikan oleh Deputi Bidang Produksi Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo, Menkop mengemukakan tentang Pembangunan Sektor Agribisnis di Indonesia yang masih belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal di satu sisi Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang agribisnis.  Berkaitan dengan hal itu dengan adanya Koperasi Pertanian merupakan salah satu cara yang terbaik dalam mengembangkan sektor agribisnis ini.  Koperasi Pertanian juga merupakan wadah yang efektif dalam memperjuangkan nasib para petani.

(Silakan klik Album Peresmian Gapoktan Temanggung)

PostHeaderIcon

(Menteri Negara Koperasi dan UKM RI, Syarifuddin Hasan dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko bersama dengan peserta Pemecahan Rekor MURI Pembuat Anyaman Terbanyak di Kabupaten Kebumen)

Kalender
April 2012
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
Buku Tamu
Name:
Email:
URL:
Comments:
Marquee Powered By Know How Media.