Menu

PostHeaderIcon Peringatan Gerakan Kewirausahaan Nasional Tingkat Jawa Tengah

Semarang-Hari ini Kamis (8/2) bertempat di Kantor Gubernur Jawa Tengah diselenggarakan Peringatan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) ke- 1 Tingkat Jawa Tengah.  Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Para Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD serta para pelaku dan penggerak koperasi dan UMKM di Jawa Tengah.

Dalam laporannya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan bahwa maksud diadakannya GKN adalah untuk menumbuhkanjiwa dan semangat kewirausahaan bagi masyarakat agar memiliki daya saing dan kemandirian dalam memajukan perekonomian nasional.  Sedangkan tujuannya adalah agar terjadi sinergi antara pemerintah, kalangan dunia usaha, lembaga pendidikan, lembaga kemasyarakatan dalam muwujudkan generasi muda yang beriwrausaha, yang dicirikan sikap tangguh, ulet, kreatif, inovatif, berani melakukan sesuatu yang baru dan berani mengambil risiko serta berpikir positif dan optimis dalam lingkungan ekonomi yang makin kompetitif.

Sujarwanto juga menyampaikan bahwa dalam kurun waktu satu tahun pelaksanaan kewirausahaan di Jateng, hal-hal yang telah dicapai antara lain:

  • Kebijakan anggaran diarahkan untuk memperkuat implementasi antara lain melalui penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan, fasilitasi TPKU dan pendidikan keterampilan usaha.
  • Fasilitasi pengembangan produk unggulan perdesaan melalui sistem “One Village One Product (OVOP)”
  • Kebijakan untuk membangun sarana pemasaran melalui pembangunan pasar-pasar tradisional, UKM Mart, sarana pameran dan Pusat Jajan dan Suvenir.
  • Penataan fasilitas PKL
  • kebijakan sektor lain yang terkait seperti kebijakan pendidikan yang mengarah pada terwujudnya Provinsi Vokasi, Desa Vokasi serta revitasilisasi Balai Latihan Kerja.
  • Akses permodalan yang semakin luas antara lain dicapai dari penyerapan pembiayaan dana bergulir dari BLU LPDB dan adanya penyerapan KUR.
  • Kerjasama dan peran serta aktif dari Kadin Jateng, HIPMI Jateng, Dekopinwil Jateng, Perbankan, gerakan koperasi dan akademisi.

Pelaksanaan Peringatan GKN Jawa Tengah ini meliputi kegiatan antara lain :

  • Pelatihan Kewirausahaan di 3 (tiga) tempat secara serempak, yaitu di Balatkop dan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Pelatihan Kewirausahaan di Kabupaten kebumen dan Kabupaten Purbalingga dengan peserta keseluruhan berjumlah 77 orang.   Di mana kesemuanya juga mengikuti jalannya Peringatan GKN ke-1 melalui siaran langsung TVRI.
  • Peringatan GKN tingkat nasional disiarkan langsung secara nasional oleh TVRI, serta dilangsungkan video conference antara Presiden RI dengan Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Sulawesi Selatan dan Gubernur Bali serta para wirausahawan.
  • Penyerahan fasilitas pembiayaan dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Pelaksana KUR, pembiayaan kewirausahaan oleh koperasi serta bantuan sarana usaha kepada 5 koperasi PKL di Jawa Tengah oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah.

Setelah memimpin jalannya video conference dengan Presiden RI,  Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo berkenan untuk memberikan pengarahan.  Beliau berpesan agar para pelaku kewirausahaan untuk selalu bekerja keras, kreatif serta mampu berinovasi agar mampu bersaing di pasaran yang semakin kompetitif.

(Silakan klik Album Peringatan GKN I Tingkat Jateng)

Leave a Reply

Kalender
April 2014
M T W T F S S
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
Buku Tamu
Name:
Email:
URL:
Comments:
Marquee Powered By Know How Media.