QUOTES
  • Sejahtera Bersama Koperasi dan UKM
  • Koperasi Indonesia Menuju Ekonomi Global
  • Koperasi dan UKM Hebat, Masyarakat Sejahtera

Berita Terkini

06 September 2017 09:25
Dinas Koperasi UKM Jateng Setahun Ini Terus Beri Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pelaku UMKM

Semarang - Upaya peningkatan mutu sumber saya manusia (SDM) dan kualitas pelayanan, menjadi tantangan utama .....baca selengkapnya

30 August 2017 09:13
Pajak Final UMKM Turun Menjadi 0,25%

Pemerintah akan segera menurunkan pajak final bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Jika saat .....baca selengkapnya

26 July 2017 09:32
Pengembangan Usaha Koperasi Pertanian Berbasis Ecofarming Untuk Perubahan KUD se-Jawa Tengah

Banyumas - Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan aplikasi teknis pengembangan usaha koperasi .....baca selengkapnya

22 June 2017 14:35
Koperasi Syariah Perhimpunan BMT se-Jateng himpun Rp 6 Milliar Untuk Ditasharufkan Kepada Kaum Dhuaf

Semarang, Perhimpunan BMT Indonesia (PBMTI) Wilayah Jawa Tengah menghimpun paket Ramadhan senilai lebih dari 6 .....baca selengkapnya

30 March 2017 15:04
Kementerian Koperasi Dorong Notaris Giat Membuat Akta Koperasi

SEMARANG – Notaris yang ada di Jawa Tengah diberikan pembekalan pelatihan terkait sistem online dalam .....baca selengkapnya

Article Archive

Interaksi

Berita


30 March 2017 15:04
Kementerian Koperasi Dorong Notaris Giat Membuat Akta Koperasi

 

SEMARANG – Notaris yang ada di Jawa Tengah diberikan pembekalan pelatihan terkait sistem online dalam pendaftaran pembuatan akta koperasi. Sistem yang dibuat kerjasama antara Kementerian Koperasi dengan Ikatan Notaris Indonesia (INI) ini akan mempermudah dalam mendaftarkan akta notaris koperasi.

Ketua INI Jateng Sugiarto menyampaikan, sistem online ini adalah terobosan baru yang bisa memperpendek waktu pembuatan akta koperasi sehingga dapat mendorong pertumbuhan koperasi di Indonesia khususnya di Jateng.

“Waktunya lebih pendek karena langsung online, para notaris diberikan pembekalan sehingga nanti bersertifikat Notaris Pembuat Akta Koperasi (NPAK) yang boleh membuat akta koperasi,” katanya, disela acara Diklat Perkoperasian Teknik Pembuatan Akta Koperasi bagi Notaris sebagai Notaris Pembuat Akta Koperasi, di Hotel Grasia Semarang, Senin (27/3).

Acara yang digelar INI Kabupaten Semarang ini diikuri 278 notaris dari seluruh Indonesia. Diakir acara peserta diklat tersebut akan mendapatkan sertifikasi dalam membuat akta koperasi, mereka akan mendapatkan akses login pada website sisitem online.

Sementara, Ketua INI Kabupaten Semarang Joko Setyo Hartono Widagdo mengatakan sistem online ini sama halnya sistem yang ada di Kemenkumham, sehingga sangat memperlancar dalam pembuatan akta notaris koperasi.

“Dulu sistem manual bisa berbulan-bulan karena dokumen harus dikirim ke Jakarta, verifikasi manual dan dikembalikan ke daerah, sekarang bisa langsung jadi,” katanya.

Sistem online tersebut, lanjutnya juga sangat mendorong dalam perteumbuhan ekonomi kerakyatan karena proses legalisasi badan hukum koperasi secepatnya jadi. Apalagi koperasi sangat diminati oleh para pelaku UMKM dan sektor infromal serta pelaku ekonomi lainnya yang tak terjangkau oleh akses perbankan.

Retno Endang Prihantini Asisten Deputi Penyuluhan Deputi Kelembagaan Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, sistem online diharapkan akan semakin memperbanyak para notaris pemegang NPAK untuk lebih aktif dalam membuat akta koperasi.

“Maret ini ada sekitar notaris yang sudah NPAK terdaftar online ada 10844, namun baru 1899 yang aktif dalam membuat dan mendaftar akta koperasi atau baru 17,51 persen,” katanya.

Pihaknya pun mendorong notaris ber NPAK untuk lebih banyak membuat akta koperasi dengan memberikan fasilitas gratis biaya pembuatan melalui sistem online. Dia ingin notaris berperan dalam membuat badan hukum koperasi yang berkualitas.

“Sesuai program pemerintahan Jokowi dalam mendorong tumbuhnya koperasi, yakni rehabilitasi dan reorientasi koperasi yang ada. Kita targetkan di 2017 ada 1000 akta koperasi yang dibuat oleh notaris ber NPAK,” katanya.

(Sumber : jatengpos.co.id)

Buku Tamu

12 June 2014
Argo Hono - Dinkop UMKM Jawa Tengah semakin maju

12 June 2014
Lungguh Argo - Luar biasa Dinkop UMKM Prov Jawa Tengah

13 June 2014
Aris - DINKOP YES!!!

08 July 2014
Fadjar - Website dinkop tampilannya baru ya? Semoga sukses...

08 July 2014
mulyono - sukses selalu..badan ukm nya dan pelaku ukm tambah sukses,,amin

Submit View

Link