QUOTES
  • Sejahtera Bersama Koperasi dan UKM
  • Koperasi Indonesia Menuju Ekonomi Global
  • Koperasi dan UKM Hebat, Masyarakat Sejahtera
  • Koperasi Berkualitas, UKM Naik Kelas

Berita Terkini

22 May 2018 13:14
Pelatihan Ketrampilan Usaha Produktif Bidang Boga di Cilacap

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Ketrampilan  Usaha Produktif Bidang .....baca selengkapnya

15 May 2018 13:21
Short Course Produk Handycraft Clay

Dinas Koperasi UKM Prov Jateng mengadakan Kegiatan Short Course sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan Wirausaha .....baca selengkapnya

11 May 2018 08:31
Pelatihan Perkoperasian Syariah Bagi SDM KSPPS

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati membuka Pelatihan Perkoperasian Syariah .....baca selengkapnya

09 May 2018 13:28
Kegiatan Temu Pembiayaan Program Kemitraan bagi UMKM di Kabupaten Tegal

Dinas Koperasi UKM Prov Jateng menyelenggarakan Kegiatan Temu Pembiayaan Program Kemitraan bagi UMKM di Kabupaten .....baca selengkapnya

08 May 2018 15:12
Short Course Pengembangan Layanan PLUT Produk Handycraft di Kabupaten Banyumas

Short Course Pengembangan layanan PLUT produk handycraft di Kabupaten Banyumas sebagai salah satu bentuk fasilitasi .....baca selengkapnya

Article Archive

Interaksi

Berita


22 June 2017 14:35
Koperasi Syariah Perhimpunan BMT se-Jateng himpun Rp 6 Milliar Untuk Ditasharufkan Kepada Kaum Dhuaf

 

Semarang, Perhimpunan BMT Indonesia (PBMTI) Wilayah Jawa Tengah menghimpun paket Ramadhan senilai lebih dari 6 Milliar pada bulan Ramadhan tahun 1438 H. Lebih tepatnya, paket Ramadhan yang dibagikan pada tahun ini adalah senilai Rp. 6.035.229.064,- yang diberikan kepada 84.646 dhuafa dalam bentuk sembako dengan isi yang bervariasi. 
Paket Ramadhan yang dibagikan umumnya berisi sembako seperti beras, tepung terigu, mie instan, minyak goreng, gula, dan teh. Untuk anak yatim dan anak kurang mampu, paket Ramadan biasanya berupa keperluan sekolah seperti alat tulis, buku tulis, dan tas sekolah.
Sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang sangat peduli pada kaum dhuafa, BMT-BMT yang tergabung di Perhimpunan BMT Indonesia (PBMT) berusaha memanfaatkan momen Ramadan ini untuk berbagi kebahagiaan dengan ribuan kaum dhuafa. 
Perhimpunan BMT Indonesia (PBMTI) wilayah Jawa Tengah beranggotakan 227 BMT di wilayah Jawa Tengah. Dari jumlah anggota tersebut, sebanyak 183 BMT mengadakan aksi Tebar Paket Ramadhan. 183 BMT ini tersebar di 29 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah.
Solekhudin sebagai Sekjen Forum Baitul Maal PBMT Jateng mengatakan paket yang berisi sembako ini dibagikan kepada kaum dhuafa yang membutuhkan, seperti tukang becak, anak yatim, guru ngaji, penyapu jalan, marbot masjid, jompo,  janda janda dan yang terutama adalah fakir dan miskin yang berada di tengah tengah masyarakat. 
Dalam membagikannya BMT-BMT tersebut mengadakan berbagai acara menarik seperti pengajian akbar, buka bersama, tabligh akbar, maupun dengan cara dikirimkan langsung ke rumah-rumah para dhuafa yang berhak menerima. 
Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penghimpunan tahun ini meningkat hampir 50 persen. Dimana pada tahun 2016 lalu PBMT Jawa Tengah berhasil menghimpun 4,6 milyar yang di-tasharufkan kepada 57.767 kaum dhuafa.
BMT adalah lembaga keuangan mikro syariah berbasis koperasi (Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah/KSPPS). BMT berupaya mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan menyediakan pelayanan keuangan mikro syariah yang dilaksanakan secara profesional oleh divisi Tamwil, yang dikombinasikan dengan berbagai kegiatan sosial dan program-program pemberdayaan untuk kaum dhuafa yang dilaksanakan oleh Baitul Maal.
Karena BMT adalah sebuah lembaga bernuansa pemberdayaan, maka program paket Ramadan ini pun tidak luput dari nilai-nilai pemberdayaan.
"Kami ingin dana kepedulian yang nilainya cukup besar ini bisa dimanfaatkan juga oleh anggota dan mitra BMT. Misalnya, beras untuk paket Ramadan dibeli langsung dari petani-petani anggota BMT, dan barang-barang lainnya dibeli dari industri rumahan dan UMKM mitra BMT”, kata Dimas selaku Ketua Forum Baitul Maal PBMTI Jawa Tengah.
Di BMT Karisma Magelang, mereka memberdayakan pengrajin tas anyaman untuk dijadikan wadah paket sembako mereka. Selain akan mengurangi pengunaan kantong plastik yang tidak baik untuk lingkungan, hal ini menjadi peluang usaha menguntungkan bagi pengrajin anyaman mitra BMT. Penerima paket Ramadan juga lebih senang karena menerima tas anyaman yang cantik dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.
Secara umum paket-paket Ramadan diberikan kepada kaum dhuafa, khususnya anak yatim dan jompo. Namun demikian, sebagian paket Ramadan juga dihadiahkan kepada orang-orang berpenghasilan sangat terbatas, namun berjasa terhadap masyarakat luas seperti penyapu jalan, petugas kebersihan, penjaga palang pintu kereta, dan penjaga mesjid (marbot).
"Mereka sudah memberikan pelayanan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga paket Ramadan ini adalah tanda kasih dan penghargaan kami kepada mereka,” ucap Jamaludin. Pimpinan divisi Baitul Maal BMT Walisongo yang berbasis di Semarang.
"Kami ingin kaum dhuafa turut berbahagia di bulan Ramadhan yang penuh rahmat ini”, lanjut Jamaludin. 
Sebagai Ketua Forum Baitul Maal PBMT wilayah Jawa Tengah, Dimas Prabowojati sangat senang dan bangga atas pencapaian program Tebar Paket Ramadan di Jawa Tengah pada tahun ini.
"Kami sangat senang dengan pencapaian ini karena ini merupakan sebuah indikasi bahwa kami berhasil meraih kepercayaan yang lebih besar dari masyarakat umum dan dari berbagai institusi, termasuk institusi komersial dalam berbagi kebahagiaan pada kaum dhuafa di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini”, kata Dimas.

Buku Tamu

12 June 2014
Argo Hono - Dinkop UMKM Jawa Tengah semakin maju

08 July 2014
Fadjar - Website dinkop tampilannya baru ya? Semoga sukses...

08 July 2014
mulyono - sukses selalu..badan ukm nya dan pelaku ukm tambah sukses,,amin

14 July 2014
PT. EZRA PRATAMA - sebagai Pelaku UMKM kami mengapresiasi langkah Dinkop di dalam Teknologi Informasi..

14 July 2014
A. Supriadi - Admin yth... selamat atas tampilan baru webnya... yang menjadi pertanyaannya.... Apakah SOTK Dinkop sudah berubah..? dulu setahu saya : DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH tapi sekarang kok " DINAS KOPERASI USAHA MENENGAH KECIL DAN MIKRO ".

Submit View

Link