QUOTES
  • Sejahtera Bersama Koperasi dan UKM
  • Koperasi Indonesia Menuju Ekonomi Global
  • Koperasi dan UKM Hebat, Masyarakat Sejahtera

Berita Terkini

14 February 2018 09:17
Bintek Kepatuhan Koperasi

  Kegiatan Bintek Kepatuhan Koperasi Pola Konvensional dan Syari'ah "Tema Mengembalikan Koperasi pada Jatidiri dan Prinsip - .....baca selengkapnya

13 February 2018 11:31
Kegiatan Magang Rebranding Produk Keramik

Kegiatan Magang Rebranding Produk Keramik Desa Bayat, Wedi, Kab Klaten ke Nuansa Porselin Boyolali diikuti .....baca selengkapnya

13 February 2018 11:12
Kegiatan Magang Rebranding Produk Batik

Kegiatan Magang Rebranding Produk Batik Kelompok Carica Lestari Kab. Wonosobo. Kegiatan magang ini diikuti oleh .....baca selengkapnya

13 February 2018 10:37
Kegiatan Temu Pembiayaan Bagi UMKM

Kegiatan Temu Pembiayaan Bagi KUMKM di Kab. Wonosobo (13/2). Diikuti oleh 100 UKM dari Program .....baca selengkapnya

13 February 2018 10:20
Rakor Satgas Pengawas Koperasi Kabupaten/Kota se-Jateng

Rakor Satgas Pengawas Koperasi Kabupaten/Kota se-Jateng Guna mencari Formula Pengawasan dan Pembinaan Koperasi yang efektif dan .....baca selengkapnya

Article Archive

Interaksi

Berita


23 January 2018 13:14
KADINAS KOPERASI UKM BUKA PELATIHAN BAGI KUKM

 

Semarang- Balai Pelatihan Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah selama sepekan mengadakan 6 jenis pelatihan yaitu Pelatihan Manajemen KSP/USP Koperasi Berbasis Kompetensi, Pelatihan Perkoperasian, Pelatihan Akuntansi, Pelatihan Manajemen Pemasaran, Pelatihan Achievement Motivation Training (AMT) dan Pelatihan Business Plan, pelatihan berlangsung mulai tanggal 22 Januari 2018 dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Dra. Ema Rachmawati, M.Hum.

Kepala Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Hana Roichati, SH.,MH dalam laporannya mengatakan tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi Pengurus/Manajer/Kepala cabang KSP/USP berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), mampu mengelola dan mengembangkan koperasi sesuai dengan jatidiri koperasi dan peraturan yang berlaku, mampu menyusun Neraca dan laporan Keuangan sesuai dengan SAK ETAP dan mampu memahami arti fungsi pemasaran, memahami kebutuhan konsumen/selera pasar dan membuat promosi pemasaran.

Sementara itu dalam sambutan pembukaan Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah mengatakan kalau kita membaca tentang perkembangan koperasi di dunia, di negara maju koperasi jauh lebih maju dibanding negara kita.

Padahal prinsip koperasi itu adalah kekeluargaan dan kekeluargaan telah menjadi ruh nya kita tapi ternyata di luar negeri yang notabene adalah negara kapitalis koperasinya jauh lebih maju dibanding kita. Hal inilah yang menjadi tantangan kita, ini menjadi PR bagi Balatkop yang mempunyai tugas dan fungsinya memajukan kualitas SDM KUKM.

“Balatkop harus mampu menciptakan SDM Koperasi dan UKM yang berkualitas, sehingga menjadi PR untuk selalu memperbaiki dan terus memperbaiki kualitas dari mulai infrastruktur, metodologi pembelajarannya, kurikulum pembelajarannya sampai dengan kualitas SDM para Pelatihnya” ujar Ema Rachmawati.

Selanjutnya terkait dengan perkoperasian Kadinas Koperasi UKM mengatakan dari hasil pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah yang seringkali muncul dan menjadi persoalan adalah soal Nilai atau Jatidiri dan Prinsip Koperasi, banyak Pengurus dan Pengelola Koperasi yang kurang paham terhadap Prinsip dan Jatidiri Koperasi ini disebabkan karena tidak pernah membaca Undang-Undang Perkoperasian dan Koperasi tidak pernah mengadakan Pendidikan Perkoperasian bagi Pengurus, Pengelola dan para anggotanya. Untuk itu agar pelatihan yang diadakan oleh Balatkop kali ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik.

Buku Tamu

12 June 2014
Argo Hono - Dinkop UMKM Jawa Tengah semakin maju

12 June 2014
Lungguh Argo - Luar biasa Dinkop UMKM Prov Jawa Tengah

13 June 2014
Aris - DINKOP YES!!!

08 July 2014
Fadjar - Website dinkop tampilannya baru ya? Semoga sukses...

08 July 2014
mulyono - sukses selalu..badan ukm nya dan pelaku ukm tambah sukses,,amin

Submit View

Link