QUOTES
  • Sejahtera Bersama Koperasi dan UKM
  • Koperasi Indonesia Menuju Ekonomi Global
  • Koperasi dan UKM Hebat, Masyarakat Sejahtera
  • Koperasi Berkualitas, UKM Naik Kelas

Berita Terkini

22 May 2018 13:14
Pelatihan Ketrampilan Usaha Produktif Bidang Boga di Cilacap

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Ketrampilan  Usaha Produktif Bidang .....baca selengkapnya

15 May 2018 13:21
Short Course Produk Handycraft Clay

Dinas Koperasi UKM Prov Jateng mengadakan Kegiatan Short Course sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan Wirausaha .....baca selengkapnya

11 May 2018 08:31
Pelatihan Perkoperasian Syariah Bagi SDM KSPPS

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati membuka Pelatihan Perkoperasian Syariah .....baca selengkapnya

09 May 2018 13:28
Kegiatan Temu Pembiayaan Program Kemitraan bagi UMKM di Kabupaten Tegal

Dinas Koperasi UKM Prov Jateng menyelenggarakan Kegiatan Temu Pembiayaan Program Kemitraan bagi UMKM di Kabupaten .....baca selengkapnya

08 May 2018 15:12
Short Course Pengembangan Layanan PLUT Produk Handycraft di Kabupaten Banyumas

Short Course Pengembangan layanan PLUT produk handycraft di Kabupaten Banyumas sebagai salah satu bentuk fasilitasi .....baca selengkapnya

Article Archive

Interaksi

Berita


16 May 2018 07:45
KUD Bahagia Dipercaya Anggota Sejak 1972

 

PATI - Bukan hal yang mudah bagi Koperasi Unit Desa (KUD) agar tetap bertahan. Apalagi di tengah kebijakan pemerintah yang silih berganti.

Namun berbeda dengan KUD Bahagia Kecamatan Gembong. KUD ini masih tetap eksis dengan beranggotakan 3.600-an orang.

Berbagai inovasi telah dilakukan oleh KUD ini.  Sejumlah badan usaha juga telah dimiliki, misalnya usaha distribusi bahan pokok, unit usaha simpan pinjam dan pembiayaan syariah, bahkan kiniulai merambah ke unitbusaha properti.

Ketua KUD Bahagia KH Abdul Wahid Hasyim mengatakan, inovasi memang penting demi keberlangsungan koperasi. Namun lebih dari itu, pola pikir setiap pengurus menjadi yang utama.

"Pegurus janga berpikir berapa uang yang akan didapat sebelum bekerja. Bekerja dulu baru kalau ada untung dibagi secara manusiawi, kalau tidak untung yang tidak digaji. Gajinya selama satu tahun sekali. Tapi selama ini alhamdulillah selalu untung, gaji buat pengurusnya juga lumayan," kata Wahid, Selasa (15/5/2018).

Sekretaris KUD Bahagia Patman mengatakan, kepercayaan anggota dan nasabah yang menyimpan uang di unit usaha simpan pinjam milik KUD juga tak kalah penting. Maka untuk menjaganya likuiditas unit usaha simpan pinjam selalu dijaga, agar saat nasabah mengambil simpanan selaku tersedia.

"Ada juga nasabah yang kini menyimpan uang di unit usaha simpan pinjam sampai Rp 2 miliar, karena faktor kepercayaan," kata Patman.

Dia mengatakan, aset unit usaha ini telah mencapai sekitar Rp 57 miliar. Secara riil, kata Patman, aset KUD Rp 11.2 miliar.

"Untuk dana bergulir dari LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) pun kaki mengembalikannya tepa waktu, itupun hanya Rp 2 miliar. Karena sejauh ini kami untuk opersioanl memamg didukung oleh anggota," katanya.

Beberapa badan usaha milik KUD, kata Patman, kini juga telah legal berbadan hukum. Untuk memberi rasa percaya kepada masyarakat, tidak jarang berbagai program sosial juga tak luput dari perhatian. Menyantuni anak yatim, aksi sosial bagi anggota yang tengah sakit serta pembagian zakat rupanya jadi aspek kepercayaan anggota atau masyarakat uang hendak menggunanakan jasa dari unit usaha milik KUD.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah Bima Kartika mengatakan, KUD Bahagia ini memang layak untuk diapresiasi. Pasalnya, sistem manajemen yang sudah tertata serta inovasi sehingga membuat KUD ini bukan semakin melemah namun malah semakin menguat.

"Koperasi ini memang bagus, harapannya bisa memerluas jaringan pemasaran, selain itu juga sebagai sarana succes story atas keberhasilannya dalam melakukan usaha," katanya.


 

Sumber : http://jateng.tribunnews.com

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: Catur waskito Edy

Buku Tamu

12 June 2014
Argo Hono - Dinkop UMKM Jawa Tengah semakin maju

08 July 2014
Fadjar - Website dinkop tampilannya baru ya? Semoga sukses...

08 July 2014
mulyono - sukses selalu..badan ukm nya dan pelaku ukm tambah sukses,,amin

14 July 2014
PT. EZRA PRATAMA - sebagai Pelaku UMKM kami mengapresiasi langkah Dinkop di dalam Teknologi Informasi..

14 July 2014
A. Supriadi - Admin yth... selamat atas tampilan baru webnya... yang menjadi pertanyaannya.... Apakah SOTK Dinkop sudah berubah..? dulu setahu saya : DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH tapi sekarang kok " DINAS KOPERASI USAHA MENENGAH KECIL DAN MIKRO ".

Submit View

Link