DINAS KOPERASI USAHA KECIL & MENENGAH PROVINSI JAWA TENGAH

Jateng Expo 2018 di Samarinda

Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar pameran untuk UMKM, kali ini kegiatan mengambil tema UKM Jateng Expo 2018 kegiatan diselenggarakan di Atrium Mahakam Big Mall Samarinda Provinsi Kalimantan Timur mulai tanggal 5 s/d 7 Oktober 2018.

Dinas Koperasi UKM Prov. Jateng dalam kegiatan ini menggandeng Dekranasda Jateng dan Dekranasda Kaltim.

Hadir dalam acara pembukaan Ketua Dekranasda Jawa Tengah, Ketua Dekranasda Kaltim, Dekranasda Kab/Kota di Jawa Tengah dan beberapa Anggota DPRD Jateng dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut diikuti 50 Stand yang terdiri dari 40 stand binaan Dinas Koperasi UKM Prov Jateng binaan Kab/kota dan binaan BUMN/D yang terdiri dari Batik Tenun, bordir, tas, accesories, konvenksi, handycraft, kain lukis, keramik, lukisan dan makanan/minuman, 6 stand Dekranasda  Kaltim dan 4 Stand Workshop yaitu Baby Art, kain kujis Nasrafa, nuansa porselin dan kopi.

Ketua Dekranasda Jawa Tengah Hj. Atiqoh Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengatakan Penyelenggaraan kegiatan Pameran ini adalah yang pertama diselenggarakan di luar provinsi biasanya hanya sebagai partisipan saja sehingga yang dipromosikan sangat terbatas, namun kali ini bisa menyelenggarakan sendiri.

Memasuki Era revolusi industri dimana digitalisasi akan mengambil peran yang sangat penting dan sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk sangat tinggi serta UKM yg sangat banyak perlu mensiasati itu salah satu nya adalah menjalin hubungan kerjasama antar daerah harapannya akan memperluas pemasaran terutama memperkuat pemasaran dalam negeri agar tidak dikuasai oleh asing yang produk-produknya mudah di akses melalui digital.

Selanjutnya dikatakan Implementasi dari nasionalisme di era perdagangan ini adalah membeli produk karya anak bangsa, bela dan beli Produk Anak bangsa.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM Prov Jateng Ema Rachmawati dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan penyelenggaraan ini adalah memperkenalkan dan membuka akses pasar produk UMKM ke Kalimantan Timur, mempercepat akses pemasaran dan brand awareness produk unggulan Jawa Tengah serta meningkatkan kerjasama pengembangan UMKM antara Dekranasda Provinsi Jawa Tengah dengan Dekranasda Provinsi Kalimantan Timur.

Pada kegiatan ini akan diramaikan dengan Fashion Show Iconik Fusfion berkolaborasi dengan atraksi lukis cepat oleh Min Mustamin, talkshow, temu bisnis UKM Jawa Tengah dengan buyer/reseller/investor dari kalimantan timur, lomba mewarnai, lomba foto selfie Instagram dll.

Scroll to Top