DINAS KOPERASI USAHA KECIL & MENENGAH PROVINSI JAWA TENGAH

Rapat Sinergitas Program Kemandirian Cangkul Indonesia

Rapat Sinergitas Program Kemandirian Cangkul Indonesia (17/01) di aula rapat Diskop UKM Prov. Jateng dipimpin oleh Ibu Kepala Dinas Koperasi UKM Prov Jateng dengan narasumber Ibu Ir. Victoria boru Simanungkalit, MM Deputi Bidang Produksi. Rapat dihadiri oleh OPD Pemprov Jateng dan sampling OPD Kab/Kota yang sekiranya mempunyai program/kegiatan yang membutuhkan alat-alat pertanian dalam pelaksanaan tugasnya.

Kementerian Koperasi dan UKM saat ini sedang mengembangkan Program Kemandirian Cangkul dan alat pertanian lainnya seperti egrek, dodos, sekop, dll, dengan lokus project adalah Provinsi Jawa Tengah (Klaten) dan Provinsi Jawa Timur (Pasuruhan) yang merupakan Program kerja Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dalam hal pengembangan UKM pengrajin cangkul di Indonesia.

Program Kemandirian Cangkul dilaksanakan melalui berbagai kegiatan, antara lain Fasilitasi penyediaan bahan baku, Penguatan kualitas produksi, Penguatan kelembagaan pengrajin/UKM, dan Peningkatan jaringan pemasaran, sehingga memerlukan komitmen dan kerjasama antar seluruh stakeholder baik pemerintah, pengrajin, pelaku usaha lainnya maupun masyarakat pengguna. Diharapkan kegiatan ini dapat lebih mengeksplore Program Kemandirian Cangkul yang di Inisiasi oleh Kemenkop UKM RI, sekaligus dapat implementatif di level Daerah (OPD, Pengrajin dan Masyarakat pengguna).

Scroll to Top