DINAS KOPERASI USAHA KECIL & MENENGAH PROVINSI JAWA TENGAH

pendampingan KUMKM

Pontianak - Menuntut Ilmu tidak harus ke Negeri Cina apalagi sedang musim Virus Corona, menimba pengalaman pun tidak harus ke yang lebih tinggi atau lebih rendah.  Bisa dilakukan dimanapun dan kepada siapapun.

20 orang konsultan KUMKM Jateng yang berasal dari PLUT Jateng, PLUT Surakarta, PLUT Sukoharjo, PLUT Cilacap dan UMKM Center Jateng  selama 3 hari dari tanggal 2 Maret s.d 5 Maret 2020 memperkaya Pengalaman dalam pendampingan KUMKM ke  Provinsi Kalimantan Barat

Adapun obyek yang dikunjungi  meliputi PLUT Kalbar,  UKM Isun Vera yg menproduksi makanan dari bahan Aloevera, UKM Tenun Sambas dan ke Koperasi CU Katulistiwa. Bhakti

Shondy Purwoko, SE MM Kabid Restrukturisasi Usaha dan Pembiayaan Dinas Koperasi UKM Prov Jateng selaku pimpinan rombongan mengatakan maksud dan tujuan dilaksanakannya kunjungan selain membantu konsultan pendamping bisnis KUMKM menaikan level skill, mindset dan model praktek di industri jasa konsultan pendamping bisnis juga membagi pengalaman  dari masing-masing konsultan pendamping serta mempertajam analisis konsultan pendamping agar mampu memberikan alternatif solusi yang tepat terhadap permasalahan yang selama ini dihadapi oleh KUMKM.

Suherman Koordinator PLUT Kalbar dalam penjelasannya mengatakan kendala UMKM di Provinsi  Kalbar selama  mendampingi UMKM kurangnya inovasi dan kreatifitas pelaku UMKM, Pemerintah lebih dominan dalam menggerakan umkm dibanding UMKM sendiri yang mestinya lebih aktif memajukan usahanya,  juga masih enggan nya para UMKM mengenal teknologi dalam mengembangkan usahanya.

Scroll to Top