BERDAYA DARI KEBERSAMAAN

Rabu, 06 Oktober 2021 adalah waktu di mana kami bertemu dengan Adnan, salah seorang pengurus Koperasi Produsen Sahabat Alam Nusantara. Di sebuah joglo yang terletak di Desa Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, kami berbagi cerita ditemani secangkir kopi hangat dan sepiring mendoan yang tersaji di atas meja.

Adnan bercerita bahwa koperasi didirikan pada tahun 2020, memiliki visi dan misi untuk "Berdaya dari Kebersamaan". Usaha koperasi adalah memproduksi dan memasarkan porang, jahe, kopi dan minyak atsiri dari para anggota yang mayoritas adalah petani.

Porang dijual secara offline dan online dalam bentuk umbi ke mitra koperasi. Tidak tanggung-tanggung, koperasi mampu memproduksi 1200 ton/musim. Sementara untuk produk kopi dan jahe, koperasi mampu memproduksi masing-masing 15 ton dan 10 ton/bulan.

Adnan berharap agar koperasi mampu menjadi wadah bagi para anggota untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui pendampingan mulai dari pembibitan, penanaman, hingga panen. Selain itu, koperasi berharap bahwa produk anggota tidak hanya dipasarkan di pasar nasional, namun juga dapat menembus pasar internasional.