PENGELOLA DAN PENGURUS KOPERASI BERSERTIFIKASI BARU KEREN

Dalam peningkatkan kualitas SDM koperasi, pengurus dan pengelola koperasi harus bersertifikasi standar kompetensi, yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi profesi. Terutama pengelola koperasi simpan pinjam maupun unit simpan pinjam, mempunyai kompetensi yang dipersyaratkan untuk mengelola koperasi dengan cara profesional dan akuntabel.

Lembaga koperasi adalah salah satu sektor usaha paling rawan yang terdampak pandemi Covid-19. Dengan adanya pelatihan kompetensi yang dilselenggarakan Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara, bisa menjadi problem solving berbagai permasalahan yang ada dalam koperasi, seperti pembiayaan, kredit macet, permodalan dan sebagainya.

Disampaikan Bapak Samiadji selaku Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara kemarin pada kamis 14 Oktober 2021 di aula dinas dalam rangka penyerahan sertifikat hasil ujian komptensi yang dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 13 s/d 17 September 2021 di SMK LP Ma’arif Kabupaten Jepara yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus Tahun Anggaran 2021, diharapkan melalui pelatihan dan uji kompetensi tersebut, seluruh pengurus dan pengelola koperasi di Kabupaten Jepara akan terus terpacu untuk mendapatkan sertifikasi untuk meningkatkan kualitas koperasi. Dengan sasaran tidak hanya kelembagaan koperasi saja yang sehat, tetapi pengurus dan pengelolanya harus berkompeten dalam menahkodai koperasi.

Kegiatan penyerahan sertikat uji kompetensi yang berjalan lancar dan hidmad ini diikuti seluruh peserta uji kompetensi yang berjumlah 25 orang dari 9 orang pengurus dan 16 orang pengelola koperasi baik simpan pinjam maupun unit simpan pinjam.