MENGENAL KOPI SALEM

Brebes populer sebagai penghasil bawang merah yang bagus kualitasnya. Juga penghasil telur asin yang masir, Selain kedua produk pertanian tersebut Kabupaten Brebes juga memiliki komoditas kopi. Salah satunya adalah Kecaamtan Salem yang terkenal dengan nama kopi Capar, jenis lokal yang hidup di dataran tinggi Desa Capar yang mampu memproduksi 498,54 ton biji kopi
Dalam upaya meningkatkan produktifitas UMK Kopi, Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah mengadakan bimbingan teknis peningkatan dan pengembangan produktifitas pengembangan UMKM kebaristaan kopi. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 8 - 12 November 2021 di Kabupaten Brebes dan diikuti oleh 25 pelaku UMK kopi di wilayah Kecamatan Salem, yang dipandu oleh praktisi dan peneliti Kopi Indonesia (Prof. Dr. Sri Mulato, MS) dari coffe and cocoa training center (CCTC)
Materi yang diberikan pada bimbingan teknis ini antara lain: Manajemen Pengelolaan kedai kopi, praktek/ tehnik roasting (sangrai), tehnik penyeduhan (kebaristaan), serta manajemen produksi kopi bubuk. Di dalam materi-materi yang disampaikan, peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan tentang faktor-faktor penentu kualitas seduhan, bagaimana proses penyeduhan tanpa resting, proses brewing dan proses produksi seduhan kopi berbasis skala usaha. Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini, diharapkan para pelaku UMK kopi di Jawa Tengah khusunya di wilayah Kecamatan Salem Kabupaten Brebes dapat meningkatkan produktifitas usahanya, yang kemudian akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian di daerahnya serta meningkatkan citra kopi Jawa Tengah.