75 peserta terpilih akan di gembleng untuk menjadi icon UMKM Jawa Tengah.

SURAKARTA - “Manajemen usaha menjadi sangat penting dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis. Komitmen merupakan bagian dari proses manajemen usaha. Disaat UMKM tidak bisa memenuhi komitmennya maka kepercayaan konsumen atau calon pembeli akan hilang. Manajemen produksi, manajemen keuangan, pemasaran, pengelolaan SDM dan bahan baku harus digerakan sebagai sumber daya untuk mencapai komitmen.” Ucap Kepala Diskop UKM Jateng Bu Dra Ema Rachmawati, M.Hum di sela-sela sambutannya.

Pelatihan Berjenjang UMKM Jawa Tengah 2021 telah memasuki level 3. Sebanyak 75 UMKM telah berjuang dari level 1 dan level 2 untuk mengikuti 3 kelas pelatihan yang berbeda, yaitu Manajemen Usaha Dan Keuangan, Manajemen Operasional dan SDM, dan Manajemen Pemasaran. Mereka akan belajar dan dimentoring selama 5 hari dari tgl 15 sd 19 November 2021 di Hotel Grand HAP Solo.

Dalam sambutan pembukaan pelatihan, Ibu Ema mengucapkan selamat kepada 75 peserta yang terpilih mengikuti pelatihan berjenjang level 3. Besar harapan UMKM yang terseleksi dapat belajar dan mengaplikasikan seluruh ilmu yang dapat utk pengelolaan dan pengembangan usahanya. Ibu Ema berpesan, peserta juga dapat berbagi ilmu yang didapat dengan UMKM lain di wilayahnya serta dapat membentuk jaringan antar peserta pelatihan sehingga dapat menjadi kekuatan dalam pengembangan UMKM di wilayah masing-masing.