PPKL Salatiga On The road

Kota Salatiga (19/11) Kota Salatiga kota kecil dengan luas 56,78 km2 , kota yang terbagi menjadi 4 kecamatan 23 kelurahan ini menjadi medan juang Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kota Salatiga.

Kota ini memiliki 126 koperasi aktif dan 54 koperasi tidak aktif, dari 126 koperasi aktif ini ada 56 koperasi yang masuk kedalam list koperasi aktif namun sudah lama tidak melakukan pelaporan Triwulanan ataupun Laporan Rapat Anggota Tahunan sehingga perlu dilakukan pengawasan.

Pengawasan yang dilakukan PPKL kota Salatiga dimulai pada bulan Maret sampai dengan bulan Oktober, Kota Salatiga sudah didatangi setiap sudutnya untuk mencari alamat – alamat koperasi sesuai dengan Akta Pendirian dan Anggaran Dasar Koperasi yang tersimpan di Arsip Dinas Koperasi dan UKM kota Salatiga .

Tentu saja pengawasan ini bukan hal yang mudah bagi PPKL Salatiga, karena banyak sekali kendala di lapangan mulai dari koperasi tidak ditemukan dialamat, pengurus yang menandatangi anggaran dasar tidak mau mengakui, dan terkadang harus mengalami penolakan dari pihak perangkat desa.

Namun tentu saja hal tersebut tidak mematahkan semangat PPKL Kota Salatiga, karena dari hasil pengawasan tersebut PPKL Kota Salatiga menemukan banyak koperasi yang akhirnya kembali memiliki nyala, ada yang terlibat dalam pelatihan di Dinas Koperasi dan UKM kota Salatiga, ada yang sudah dilakukan penilaian kesehatan koperasi, bahkan ada yang dalam pendampingan untuk mengaktifkan kembali pengurus dan anggotanya.

Tentu saja lelah selama 7 bulan berada dijalan keliling kota Salatiga telah terbayarkan, dengan melihat bahwa ternyata banyak koperasi yang masih aktif hanya saja tidak melakukan pelaporan ke Dinas Koperasi dan UKM kota Salatiga.