Strategi Tepat,. Omzet Melesat.,

Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Manajerial Manajemen Pemasaran selama 5 (lima) hari mulai tanggal 22 s.d. 26 November 2021 di Hotel Grand Wahid Kota Salatiga
Peserta pelatihan sebanyak 25 UKM berasal dari 5 kabupaten/kota yaitu Kab Semarang, Kab Jepara, Kab Kendal, Kota Salatiga dan Kota Semarang.

Pelatihan dibuka oleh Bapak Hatta Hatnansya Yunus, S.STP.,M.SI mewakili Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah dan di hadiri oleh Kepala Diskumperindag Kab Semarang, Anggota Komisi B DRPD Prov Jawa Tengah dan Narasumber Naruna Ceramic.

Dalam sambutannya, Bapak Kabalai menyampaikan hampir 40% UMKM memiliki permasalahan dalam bidang pemasaran, selain bahan baku dan sumber daya manusia. Manajemen pemasaran yang baik tidak hanya melalui offline tetapi juga online. Peserta harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang semakin modern dan serba digital.

Tiap UMKM harus memiliki target yang jelas dengan perencanaan dan manajemen yang baik. UMKM harus mampu mengerakkan seluruh sumber daya yang dimiliki baik modal, bahan baku, informasi dan SDM untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Pelaksanaan terhadap target juga harus diikuti dengan evaluasi atau review, sehingga progres pengembangan usaha dapat di ketahui dengan baik dan dapat di lakukan perbaikan strategi yang tepat.

Setelah pelatihan diharapkan peserta mampu mengimplementasikan manajemen pemasaran yang efektif dan efisien serta tepat bagi usaha masing-masing sehingga omzet dapat melesat. Saat ini Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah dalam upaya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pengelolaan usaha di sisi manajemen usaha, keuangan, operasional dan SDM telah berhasil melaksanakan Program Pelatihan Berjenjang UMKM Jawa Tengah di tahun 2021, melahirkan 75 UMKM Punggawa Jawa Tenggah dan akan berlanjut di tahun 2022. Program pelatihan berjenjang ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi UKM untuk memberikan solusi permasalahan bagi UMKM sesuai tingkatan usaha.

Kabalai juga menyampaikan agar peserta pelatihan manajemen pemasaran di Kota Salatiga terus semangat berbenah sehingga mampu bersaing untuk mengikuti pelatihan berjenjang di tahun 2022.