Pelatihan Manajerial Pemasaran Digital

Sambutan

Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Manajerial Pemasaran Digital dan Pelatihan Manajerial Public Speaking dan Komunikasi Tulis selama 5 (lima) hari mulai tanggal 22 s.d. 26 November 2021 di Hotel Swiss Belinn Kota Surakarta.

Pelatihan di dibuka oleh Ibu Dra. Ema Rachmawati, M.Hum Selaku Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah dan di hadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Surakarta dan Dinas Koperasi UKM Kab. Sragen.

Dalam sambutannya, ibu Ema mengungkapkan bahwa Public Speaking muncul sebagai pelatihan untuk UMKM karena beliau pernah mengikuti bisnis matching dengan beberapa negara dimana dalam acara tersebut UMKM diminta paparan dan disana beliau melihat bahwa teman-teman pelaku UMKM belum mampu menggambarkan citra diri sbg usaha dan produknya dengan baik. Hal pertama yang harus diliat adalah citra diri, bagaimana cara umkm membuat citra dirinya baik. Yang kedua adalah citra produk, UMKM harus bisa menggambarkan nilai tambah produk kenapa konsumen harus membeli produknya. Dua citra ini yg bisa menggambarkannya adalah teman-teman umkm.

Terkait Pemasaran Digital, hasil survey BPS di Jawa Tengah ada 26.5 jt yang menggunakan internet tetapi yang menggunakan untuk jualan hny 5.27% dan paling banyak digunakan untuk WhatsApp, marketplace baru medsos. Harapan dengan adanya pelatihan ini adalah teman-teman pelaku UMKM mampu bersaing untuk mengikuti perkembangan era digital.

Harapan dengan adanya pelatihan ini adalah peeserta saling memfollow di medsos, hal ini bagian dari membangun citra produk UMKM. Ibu Ema juga berpesan kepada peserta pelatihan untuk mempelajari citra diri citra produk dan etika untuk jadi umkm lebih maju. Dalam era global, kolaborasi itu penting jd jangan merasa produk kita paling bagus paling kuat sehingga memang membutuhkan jejaring. Selain itu beliau juga berpesan bahwa para pelaku UKM harus membawa kartu nama kemanapun karena hal tersebut juga merupakan bagian dari jejaring.