HUTAN PERLU DIJAGA, KOPERASI PERLU DIAWASI

Filosofi hutan perlu dijaga adalah supaya tidak menimbulkan bencana besar bagi eksistensi kehidupan. Begitu juga koperasi perlu diawasi supaya tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Karena koperasi adalah badan hukum, akan memiliki perlakuan hukum apabila terjadi masalah didalamnya.

Hari Kamis, 25 November 2021 dilakukan kegiatan pengawasan koperasi yang mencakup aspek pemeriksaan kesehatan koperasi di Primkopkar Perhutani KPH Kebonharjo yang terletak di Kecamatan Sale Kabupaten Rembang Jateng.

Kunjungan dilakukan oleh Kasi Pengawasan ibu Sulis Setiyaningsih, SIP, MM bersama Bpk Yadiman, SE dan PPKL Kabupaten Rembang Sdr. Awang Budiyono, SE. Disana mereka bertemu dengan Bpk Murtono selaku ketua pengurus koperasi dan didampingi bendahara serta karyawan Primkopkar Perhutani KPH Kebonharjo

Dalam Pengawasan koperasi yang dilakukan pemeriksaan kesehatan koperasi pada unit simpan pinjam Primkopkar Perhutani KPH Kebonharjo. Dilakukan juga klasifikasi usaha koperasi untuk Primkopkar Perhutani KPH Kebonharjo masuk ke KUK 1.
Untuk Aspek pemeriksaan kesehatan koperasi meliputi :
1. tata kelola,
2. profil resiko,
3. kinerja keuangan,
4. permodalan.

Setelah dilakukan diskusi tanya jawab dan sharing antara Dinas dan pengurus kop, dihasilkan pemeriksaan kesehatan koperasi cukup sehat dengan score 72,16.
Dengan catatan semua aspek kelembagaan terpenuhi semua, baik AD, ART, buku administrasi kelembagaan, sop, som, persus serta perijinan operasional lengkap.

Kedepan Primkopkar Perhutani KPH Kebonharjo akan mengembangkan usahanya dibidang yang digeluti oleh kantor perhutani yaitu perkayuan sebagai usaha tambahan guna meningkatkan kesejahteraan anggota disana. Koperasi jaya anggota sejahtera.
@kemenkopukm
@diskopukmjateng
@penyuluhkoperasi
@ppkljawatengah
#ppklkemenkopukmri
#ppklprovjateng
#ppkljatengmakaryo