Daun Talas kok buat rokok, apa bisa !!!

Banyak yang bertanya bagaimana rasa, aroma, dan kepekatannya. Mari kita merapat ke Koperasi Produsen Petani Porang Nusantara, koperasi yang baru berdiri pada tanggal 1 Maret 2021. Dengan Badan Hukum AHU-0008793.AH.01.26.TAHUN 2021. Berlokasi di Darupono, Kaliwungu Selatan, Kab. Kendal. Salah satu bidang usaha, selain tanaman porang, juga ada talas beneng dan durian.

Kali ini kita akan membahas tanaman talas beneng, tanaman ini yang akan di gunakan untuk bahan baku rokok ialah daun dari talas beneng. Untuk proses pengolahan daun talas hampir sama dengan daun tembakau. Dimulai dengan Pemetikan, Pengikatan, Pematangan Daun, Penyortiran, Perajangan, Nganjang, Penjemuran , Ngayar.

Karena koperasi ini masih dalam tahap belajar dalam produksi tembakau talas beneng, Koperasi belajar ke daerah Parakan Temanggung. Karena di Temanggung sudah banyak yang mengolah olahan tersebut. Diharapkan ke depan para petani di Kendal bisa lebih lebih kreatif dalam bertani atau mengolah olahan hasil pertanian.

Koperasi Produsen Petani Porang Nusantara, salah satu pengurus merupakan anggota Perhutani. Sehingga koperasi bisa bersinergitas dengan Perhutani dan masyarakat petani di sekitar hutan Darupono.
Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal melalui Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kab. Kendal. Selalu siap mendampingi gerakan koperasi tersebut, untuk dapat berkembang dan berjalan sesuai peraturan yang berlaku.

Penulis : R. Rendra Adiguna
PPKL Kabupaten Kendal.
@penyuluhkoperasi
@kemenkopukm
@dinkopjateng
@PENYULUH_COOP
@depkop
@ahmadzabadi
@anton_ragil_susilo
@radea_wibawa
#penyuluhkoperasi
#ppklkemenkop
#ppkljawatengah
#PPKLJATENG
#PPKLJATENGMAKARYO
#PENYULUHKOPERASIJATENG
#depkop
#KoperasiModern
#UMKMNaikKelas
#JatengGayeng
#depcoop