LEGALITAS MAPAN USAHA AMAN

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah kembali memberikan peningkatan kapasitas SDM bagi UMKM melalui kegiatan JUGURAN (Jagongan Usaha Golet Ilmu lan Seduluran) dengan tema "Legalitas Mapan, Usaha Aman" yang dilaksanakan di Kantor PLUT-KUMKM Provinsi Jawa Tengah.

Hadir sebagai narasumber Bapak Amrin Ma’ruf, S.Sos.M.S.i selaku Kepala Dinas dari DPMPTSP Kab. Banyumas, Bapak Suskono Eko Warsono, S.ST selaku Kepala Dinas Kesehatan Kab. Banyumas, Ibu Putri Churnia Arifin, S. Farm., Apt. dari perwakilan BPOM RI Kab. Banyumas dan Ibu Sri Retno selaku Owner ULAMQu. Pada kesempatan ini disampaikan hal-hal yang berkaitan dengan legalitas usaha antara lain : Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Ijin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Legalitas usaha adalah standarisasi yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut harus memenuhi syarat tersebut guna dapat bersaing di era pasar bebas.

Aspek legalitas memberikan manfaat yang cukup besar bagi pelaku usaha salah satunya yaitu Sertifikasi Halal, hal ini disampaikan oleh Owner ULAMQu yang berbagi cerita/ success story dimana Sertifikasi Halal memberikan banyak manfaat yaitu usahanya menjadi lebih berkembang dari sebelumnya, bisa menitipkan produknya tidak hanya di toko konvensional saja akan tetapi juga bisa memperluas pemasaran dengan masuk ke toko-toko retail dan pusat oleh-oleh, serta dalam memasarkan produk menjadi lebih percaya diri dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Harapannya ilmu yang diperoleh dari kegiatan JUGURAN ini bisa menambah pengetahuan tentang pentingnya legalitas untuk pengembangan usahanya.

“Legalitas usaha itu tidak hanya memberikan kepastian hukum, tetapi juga memberikan peluang serta kenyamanan, keamanan, kepercayaan, loyalitas konsumen dan perlindungan produk”