PRODUK SEHAT, OMZET MENINGKAT

Produk UMKM yang aman dan sehat memiliki nilai lebih di mata konsumen. Agar produk makanan dan minuman kita bisa bersaing ketika diedarkan di pasaran, maka kualitas makanan menjadi prioritas utama perlu diperhatikan. Terlebih jika sudah memiliki izin edar produk seperti PIRT, MD- BPOM, dan HALAL maka niscaya tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk kita semakin baik dan omzet pun ikut meningkat.

Mendasarkan isu tersebut, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah kembali memberikan peningkatan kapasitas SDM bagi UMKM melalui kegiatan NGUCING (Ngobrol Usaha Mancing Ilmu) dengan tema "Produk Sehat Omzet Meningkat". Adapun materi yang diberikan yaitu tentang Izin Edar Produk oleh pakar terkait. Antusiasme 50 peserta #NGUCING47 datang dari berbagai kota yaitu kota Semarang, kab. Semarang, Kendal, Kudus, Magelang dan Wonosobo. Hadir sebagai narasumber yaitu:
1. Dra. Woro Puji Hastuti , M.Kes (BPOM Jateng)
2. Drs Khotibul Umam (BPJPH Kemenag Jateng)
3. dr. Ridjanto Edi Noegroho,M.Kes (Dinkes Kota Semarang)
4. Rosyid Hartanto, S.H, S.I.K, M.H (DitReskrimsus Polda Jateng)

Pada sesi penyampaian materi, Bu Woro menyampaikan tentang bagaimana cara pendaftaran, syarat-syarat dan proses MD BPOM, pak Khotibul menyampaikan pendaftaran izin edar halal melalui aplikasi Sihalal, pak Edi menyampaikan alur pendaftaran, syarat, dan prosedur pengajuan PIRT serta pak Rosyid menyampaikan undang-undang tentang izin edar produk.


Dalam sambutannya Sekertaris Dinas Koperasi dan UKM provinsi Jawa Tengah, Ir Agus Suranta, M.Si menyampaikan harapan, ilmu yang diperoleh dari NGUCING bisa menjadi media pembelajaran serta dapat diimplementasikan bagi UMKM sehingga dapat meningkatkan kesadaran pentingnya izin edar produk untuk menjamin keamanan dan kesehatan.


#Ngucing47
#UMKMCenterJateng
#UMKMnaikkelas