OPTIMALISASI DAN PENGEMBANGAN PLUT-KUMKM SE JAWA TENGAH.

Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 pada tahun 2021 ini Pemerintah baik Pusat maupun Daerah telah mengeluarkan serangkaian kebijakan guna mendorong peningkatan produktivitas serta daya saing UMKM utamanya melalui Undang-undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja serta salah satu turunan peraturannya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Salah satu wujud implementasi kebijakan dari peraturan perundangan dimaksud adalah penyediaan layanan pendampingan oleh Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Kecil Menengah (PLUT-KUMKM), dimana pada setiap PLUT telah disediakan layanan – konsultasi secara terintegrasi dari hulu ke hilir guna meningkatkan produktivitas serta daya saing UMKM di Jawa Tengah.

Sebagai upaya untuk menyamakan persepsi antara Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kota dalam mengoptimalkan peran dan pengembangan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT-KUMKM) di Jawa Tengah tahun 2022 maka Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Optimalisasi dan Pengembangan PLUT-KUMKM Se-Jawa Tengah yang dihadiri oleh 35 kepala dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM di Jawa Tengah serta pengelola dan konsultan PLUT se-Jawa Tengah di Hotel The Royal Heritage Surakarta pada tanggal 6-8 Desember 2021.

Hadir sebagai narasumber diantaranya Asdep Deputi Pemetaan Data, Analisis dan Pengkajian Usaha Deputi Bidang Kewirausahaan, Asdep Pengembangan Ekosistem Bisnis, Asdep Fasilitasi Hukum dan Konsultasi Usaha Mikro Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia serta dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Adapun para narasumber menyampaikan arah dan kebijakan terkait optimalisasi PLUT-KUMKM sebagai Center Of Excellence agar sinergis dan selaras meningkatkan kontribusi koperasi, UMKM, dan kewirausahaan yang produktif, mandiri, dan berdaya saing dalam mendukung perekonomian nasional khususnya di Jawa Tengah. Tentunya untuk mendukung kebijakan tersebut tidak hanya terkhusus bagi kabupaten/kota yang sudah memiliki PLUT saja. Tetapi juga berlaku bagi semua daerah dengan cara berkolaborasi bersama Rumah Kreatif BUMN, lembaga keuangan dan semua stakeholder yang memiliki konsen terhadap penumbuhkembangan KUMKM di Jawa Tengah.

#UMKMNaikKelas
#BanggaBuatan Indonesia