Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM oleh Menpan

Setelah melewati tahapan seleksi yang begitu panjang dengan kecukupan waktu yang sangat singkat dan dokumen/bukti dukung yang sangat banyak serta membutuhkan energi ekstra untuk memenuhi dan melengkapinya, akhirnya hari ini Senin, 20 Desember 2021, Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih predikat Zona Integritas menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai upaya dalam percepatan reformasi birokrasi.

Dimana 3 sasaran utama reformasi birokrasi adalah (1) birokrasi yang bersih dan akuntable, (2) birokrasi yang kapable, dan (3) birokrasi yang memberikan pelayanan publik yang prima.

Dengan dukungan penuh dari Ibu Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Ibu Dra. Ema Rachmawati, M.Hum, Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah selaku unit kerja yang diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK dibawah pimpinan Bpk. Hatta Hatnansya Yunus, S.STP, M.Si selaku Kepala Balai Pelatihan Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah telah berhasil melakukan perubahan pada 6 area perubahan yaitu (1) area manajemen perubahan, (2) area manajemen tata laksana, (3) area penguatan SDM, (4) area penguatan akuntabilitas, (5) area penguatan pengawasan dan (6) area peningkatan pelayanan publik.

Sejak bergulirnya proses seleksi Zona Integritas di bulan Juni (saat PPKM darurat diberlakukan) hingga November 2021, tahapan demi tahapan zona integritas dilalui dengan tidak mudah. Banyak tantangan yang dihadapi, namun dengan tekat yang kuat, semangat yang menyala dan kerjasama serta kolaborasi diantara Tim WBK internal Balatkop dan berbagai pihak terkait, semua tahapan bisa dilalui dengan baik.

Dari 32 unit kerja di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang diusulkan, diperoleh 18 unit kerja yang terseleksi oleh TPI (Tim Penilai Internal di Provinsi Jawa Tengah) dan dinilai telah memenuhi kriteria yang dipersyaratkan untuk diusulkan WBK/WBBM ke tingkat pusat/nasional.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan TPN (Tim Penilai Nasional di tingkat pusat) disertai dengan kuesioner dan wawancara terhadap responden pengguna layanan, diperoleh 3 unit kerja yang mendapatkan predikat WBK di Provinsi Jawa Tengah yaitu Balai Pelatihan Koperasi UKM (Balatkop), Balai Pengujian Sertifikasi Mutu Barang Surakarta dan Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Daerah.

Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada seluruh pihak yang telah membantu, mendukung, mensupport dan berpartisipasi dalam mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi di Balatkop UKM Jawa Tengah.

Semoga dengan apresiasi dan penganugerahan ini semakin memacu kami dalam meningkatkan upaya pelayanan kami kepada para pengguna dan stakeholder dengan lebih baik lagi sehingga kedepan kami dapat mewujudkan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) serta dapat memacu unit kerja lain di wilayah Provinsi Jawa Tengah untuk terus mengupayakan dalam mewujudkan WBK/WBBM.

Mari kita bangun negeri dari lingkungan sekitar kita sendiri. Mari saling bergandengan tangan, berkolaborasi untuk Indonesia yang lebih maju lagi. Salam Integritas.

#balatkopukmjateng
#Diskopukmjateng
#KemenPANRB
#ZIAward2021
#ZonaIntegritas
#ReformasiBirokrasi
#Indonesia