Rapat Anggota Perencanaan (RAP) KPRI Guyub Rukun

Dalam prinsip manajemen kita mengenal POAC, yang merupakan sebuah prinsip manajemen organisasi yang pertama kali diperkenalkan oleh George R. Kelly, yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling

Perencanaan yaitu proses dan tujuan dari organisasi dengan membuat strategi untuk mencapai tujuan dan mengembangkan rencana kerja dari sebuah organisasi. Perencanaan merupakan proses yang sangat penting di awal dari semua fungsi manajemen, sebab tanpa perencanaan fungsi pengorganisasian, pengontrolan maupun pengarahan tidak akan dapat berjalan.

Nah,
Alasan itulah KPRI Guyub Rukun menyelenggarakan Rapat Anggota Perencanaan (RAP) sekaligus bertepatan dengan momen hari Ibu. RAP kali ini dihadiri perwakilan para guru SD sebanyak 52 orang dan bertempat di gedung Satkordik Kecamatan Tahunan. Acara berlangsung lancar dan anggota aktif memberi masukan demi kemajuan koperasi.

Dalam RAP ini juga dihadiri oleh Dekopinda, PKPRI, dan Dinas Koperasi, UKM, Nakertrans Kabupaten Jepara. Dalam sambutannya, kesemuanya menekankan pentingnya manajemen dan komitmen dalam mengelola sebuah koperasi. Apalagi KPRI ini ternyata memiliki piutang macet yang jumlahnya lumayan, sehingga mengakibatkan NPL tinggi dan mengganggu keuangan usaha koperasi.

Maka disarankan dalam acara RAP ini dilakukan penambahan anggota dari guru P3K dengan komitmen yang jelas dan segera mencari solusi guna mengatasi angsuran pinjaman yang macet, sehingga semuanya ikut menjalankan fungsi organisasi dan controlling demi mengembalikan tujuan koperasi yaitu mensejahterakan anggotanya.

Penulis : Dewi Rahmawati, Amd - PPKL Kab.Jepara