STRATEGINE JITU, IJINE METU, USAHANE MAJU

Banyumas, 22 Desember 2021 PLUT KUMKM Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan KPP Pratama Purwokerto, memberikan peningkatan Kapasitas SDM bagi KUMKM melalui kegiatan Business Development Service dengan tema "Strategine Jitu, Ijine Metu, Usahane Maju" yang dilaksanakan di Kantor PLUT-KUMKM Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bapak Raden Agus Setiawan, S.P, M.M., selaku Pimpinan KPP Pratama Purwokerto. Hadir sebagai narasumber Bapak Eko Andriyanto, SE dari Bank Syariah Purwokerto, dan Konsultan PLUT KUMKM Jawa Tengah Rina Yulianti, S.H., dan Rahayu Budi Arthani, S.Pd.

Pada kesempatan ini disampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Pembiayaan dari Bank Syariah Indonesia yaitu Permodalan KUR bagi KUMKM, Pembayaran Non Tunai / QRIS, dan Gadai atau Cicil Emas. Selain itu dari PLUT KUMKM Jawa Tengah ada materi Legalitas mengenai Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Ijin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Sertifikasi Halal, serta materi Digital Marketing.

Adanya pandemi covid-19 telah mendorong UMKM di Indonesia untuk bertransformasi dengan memanfaatkan platform digital atau Go Digital 4.0.

Dalam perekonomian Indonesia, UMKM memiliki peran yang sangat besar, dimana UMKM mendominasi jumlah pelaku usaha di Indonesia, bahkan bisa disebut UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Tidak lepas dari permasalahan UMKM untuk sekarang ini meliputi permodalan, legalitas, akses pasar dan promosi produk yang dibutuhkan sinergi atau kerjasama antar lembaga untuk mengatasi permasalahan UMKM seperti ini.

Harapannya ilmu yang diperoleh dari kegiatan BDS ini KUMKM bisa makin bersemangat untuk terus survive dan mengembangkan usahanya.