PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI

Ternyata koperasi juga penting lho dicek kesehatannya yaitu melalui penilaian kesehatan koperasi, dengan begitu akan diketahui bagaimana kondisi dari sebuah koperasi tersebut, apakah dalam kondisi cukup sehat, sehat, atau dalam pengawasan.

PPKL Kota Pekalongan hari ini berkesempatan melakukan pembinaan sekaligus memberikan sertifikat penilaian kesehatan koperasi kepada salah satu koperasi yg ada di Kota Pekalongan, pembinaan ini sebagai bentuk pengawasan periodik yang dilakukan oleh Dinas Koperasi bersama PPKL dalam rangka mengontrol kinerja koperasi baik dari sisi organisasi, kelembagaan, keuangan usaha, serta sesuai dengan prinsip jati diri koperasi.

Nah, sertifikat penilaian kesehatan koperasi ini sangat berguna dan memiliki manfaat bagi koperasi yang sudah berbadan hukum yaitu sebagai salah satu syarat ketika koperasi ingin mengakses kerjasama dengan lembaga keuangan lainnya, selain itu bisa menjadi salah satu indikator performa laporan keuangan koperasi di setiap tahunnya.

PPKL Kota Pekalongan terus melakukan pendampingan dan memotivasi koperasi agar terus meningkatkan kinerjanya serta terus taat terhadap aturan serta tidak lupa akan prinsip dan jati diri koperasi.

Penulis : Dwisari Nurkhomarawati - PPKL Kota Pekalongan