KOPERASI HARUS TERTIB ADMINSITRASI

Dalam melaksanakan kegiatan organisasi dan usaha Koperasi diperlukan administrasi yang rapi agar kegiatan perkoperasian dapat berjalan dengan baik. Hal ini penting karena masih banyak koperasi yang kurang tertib dalam administrasi organisasi koperasi, sehingga Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah melalui bidang Kelembagaan melakukan pendampingan administrasi Koperasi kepada Koperasi Pemasaran Artha Niaga Sejahtera Semarang.

Koperasi ini adalah Koperasi Konsumen yang bergerak di bidang Penyaluran Gula rafinasi bagi anggotanya. Dari permasalah yang disampaikan bahwa Koperasi masih terkendala rekomenadasi dari kementeraian Koperasi dan UKM terkait masih ada beberapa hal yang belum dipenuhi diantaranya pengisian buku daftar anggota Koperasi. Konsultasi ini berlangsung di ruang Bidang kelembagaan pada hari Kamis (30/12) yang dihadiri oleh Ketua dan Bendahara Koperasi.

Kami dari Bidang kelembaganan sebagai ujung Tombak bagian yang selalu inten melakukan pendampingan di Koperasi menyampaikan tata cara pengisian buku daftar anggota. Selain itu juga dijelaskan tentang mekanisme Rapat Anggota Tahunan (RAT) mengingat sebentar lagi akan tutup buku. Dengan penjelasana ini diharapkan dapat memberikan solusi atas permaslahan yang dihadapi Koperasi.