pendataan ke Koperasi Konsumen

Seperti yang kita ketahui, air merupakan sumber daya alam di Indonesia yang sangat potensial dan melimpah, karena didukung banyaknya mata air di beberapa wilayah dan terbukti banyak perusahaan brand air mineral yang mampu hadir untuk masyarakat Indonesia bahkan internasional.

Eeiittssss tunggu dulu . .
Tidak hanya perusahaan saja yang mampu memproduksi air menjadi air mineral dalam kemasan (AMDK), ternyata Koperasi pun mampu memproduksi air mineral dalam kemasan yang berasal dari sumber mata air lokal daerah.

Kamis (30/12) PPKL Kab.Boyolali melakukan pendataan ke Koperasi Konsumen Pondok Pesantren Daarul Fath, koperasi ini termasuk koperasi baru Primer Provinsi dan berdiri di tahun 2021, koperasi ini beralamat di Dukuh Sabrangan, Desa Salakan, Kec.Teras, Boyolali sekaligus berdekatan dengan wisata umbul pengging.

Produk Air Mineral dari Koperasi Konsumen Daarul Fath ini yaitu air mineral RO dalam kemasan dengan merk Aquro dan dipasarkan dalam bentuk kemasan botol 330 ml dan galon. Selain itu, Koperasi ini memiliki unit usaha pertokoan untuk memenuhi kebutuhan santri dan santriwati, serta memiliki unit usaha peternakan kambing dengan sistim bagi hasil yang dikemas dengan program pemberdayaan bersama masyarakat sekitar pondok pesantren.

Rencana pengembangan Koperasi Konsumen Daarul Fath ini yaitu segera melengkapi izin edar produk serta HAKI dan menambahkan tulisan produksi Koperasi Konsumen Daarul Fath di dalam label sehingga akses pemasaran produk air mineral Aquro bisa dikenal lebih luas dan menembus pasar ekspor.

Dari pendataan tersebut, PPKL Kab.Boyolali terus memotivasi dan mendampingi didalam pengembangan usaha koperasi ini, serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait mengenai izin edar produk, sehingga koperasi akan lebih percaya diri untuk memasarkan produknya, dengan begitu koperasi bisa berkembang lebih baik dan anggota sejahtera.


Penulis : Adita Ria Putra - PPKL Kab.Boyolali
Penyunting : Ayub Solaiman - PPKL Kab.Karanganyar