penggalian Potensi dan tantangan meningkatkan potensi Lokal

Awal Tahun Membangun Borobudur! Pembangunan Daerah Pariwisata Super Prioritas Borobudur telah berlangsung, 5 kawasan pusat pembelanjaan dari Pintu Blondo, Taman Cerdas, MAJT, Pasar Belakang Candi dan Pintu Kembang Limus sedang dalam tahap pembangunan.

Dinas Koperasi UKM Prov. Jateng tidak tinggal diam! Akhir tahun telah menerjunkan Tim untuk penggalian Potensi dan tantangan meningkatkan potensi Lokal. Hasilnya Diskop UKM Prov. Jateng bersinergi dengan PT. HM Sampoerna Tbk. Hari ini, Senin (10/1) telah dibuka secara resmi Pelatihan Batik Lanjut sinergi bagi UKM Bidang Batik yang di ikuti oleh 11 Kelompok di Kab. Magelang yang dilaksanakan selama 10 hari mulai dari 10 s.d. 19 Januari 2022 di Balatkop UKM Prov. Jateng. Pelatihan ini wujud kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah beserta stakeholder dalam bersinergi mempersiapkan dan membangun SDM di Jawa Tengah.

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Ibu Ema Rachmawati, M.Hum dan dihadiri oleh Perwakilan PT. HM. Sampoerna Tbk yang diwakili Manager Area Retail Engagement Semarang Bapak Ferry Ferdiansyah, Manager Area Consumer Engagement Semarang PT. HM. Sampoerna Tbk Bp Andi Langgeng dan Direktur Stapa Center Bapak Agus Rahmatullah serta Instruktur dari Batik Kinanthi Ibu Siti Kholifah.

Dalam sambutan Direktur PT. HM. Sampoerna Tbk yang diwakili Manager Area Retail Engagement Semarang menyampaikan bahwa UKM merupakan salah satu sektor yang mampu bertahan dan memiliki potensi dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemic Covid 19. PT. HM. Sampoerna Tbk bersama Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah bersinergi dalam upaya meningkatkan kualitas produk unggulan Batik Borobudur dalam rangka mendukung program Pemerintah yaitu pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur yaitu mempersiapkan kawasan wisata bertaraf internasional dengan konsep Culture and Adventure Eco-Tourism yang berlokasi di Kab. Magelang.

Dalam prosesi pembukaan pelatihan tersebut Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Ibu Ema Racmhawati, M.Hum menyampaikan bahwa sinergi yang telah berlangsung selama 2 tahun bersama PT. HM Sampoerna Tbk. akan terus berlangsung guna pembangunan potensi lokal di Jawa Tengah dan Pelatihan tidak hanya berhenti pada batik lanjut saat ini namun akan berkembang ke pelatihan pengembangan pembuatan fashion, home décor dan potensi lokal lainnya yang ada di Kab. Magelang serta manajemen bisnisnya dapat ditingkatkan oleh Stapa Center selaku vendor PT. HM. Sampoerna Tbk. kami persilahkan berkunjung ke Kab. Magelang untuk menemukan inspirasi guna meningkatkan produk lokal.