PENTINGNYA KOMITMEN DAN PARTISIPASI AKTIF ANGGOTA KOPERASI

Sebuah komitmen memang harus ditanamkan sejak awal dan sebagai langkah strategis di dalam pengelolaan dan pengembangan sebuah koperasi, baik komitmen sebagai anggota koperasi maupun pengurus dan pengelola koperasi. Dengan komitmen dan partisipasi aktif anggota itu akan menciptakan sebuah sinergitas tanpa batas yang muaranya adalah meningkatkan kesejahteraan bersama.

Selasa, 11 Januari 2022 PPKL Kabupaten Wonosobo melakukan pendampingan RAT di KSU LKM-A Gapoktan Argo Laras. Pendampingan tersebut bertempat di Balai Desa Lengkong, Kecamatan Garung. RAT ini juga dihadiri oleh Tim Teknis Kabupaten dan Kecamatan, Koordinator PPL dan Tim Pengarah PUAP. RAT dilaksanakan sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada seluruh anggota atas pengelolaan usaha koperasi selama 1 (satu) tahun terakhir.

KSU LKM-A Gapoktan Argo Laras sendiri merupakan koperasi yang memiliki beberapa unit usaha seperti unit usaha simpan pinjam (USP), produksi pertanian, dan pemasaran. Berawal dari Dana PUAP sebesar 100 juta, kini perkembangan koperasi berhasil memiliki aset sebesar 3 milyar, hal ini tentu didukung oleh komitmen anggota untuk terus berpartisipasi aktif mengembangkan usaha koperasi, serta tidak lepas juga adanya pendampingan dari instansi terkait.

Selain itu, PPKL Kab.Wonosobo memberikan saran mengenai pentingnya pendidikan Perkoperasian bagi anggota dan pengelola untuk meningkatkan lagi partisipasi anggota serta membangun komitmen bersama didalam memajukan koperasi, sehingga anggota makin sejahtera dan koperasi kuat.