DI PERBATASAN KAMI BERJUANG, LMDH INGIN BERKOPERASI

LMDH???? Apa sich LMDH itu???
Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) adalah satu lembaga yang dibentuk oleh masyarakat desa yang berada didalam atau disekitar hutan untuk mengatur dan memenuhi kebutuhannya melalui interaksi terhadap hutan dalam konteks sosial, ekonomi, politik dan budaya. Tujuan lembaga masyarakat desa hutan adalah untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan hidup masyarakat di sekitar hutan, pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya hutan (SDH) serta memperjuangkan (advokasi) hak-hak masyarakat sekitar hutan terhadap garap, akses informasi dan akses kebijakan SDA yang ada

Rabu, 12 Januari 2022 Perum Perhutani KPH KEBONHARJO menyerahkan Sharing Produksi Kayu Tahun 2020 kepada LMDH serta Sosisalisasi Koperasi Masyarakat Perhutanan Sosial yang dilaksanakan di Balai Desa Sale Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Dalam kesempatan ini hadir Bapak Bupati Rembang bapak Abdul Hafidz, S.Pd I, Kepala Departemen Pembinaan Sumber Daya Hutan, kepala KPH Kebonharjo, Perhutanan SosialDrive Jawa Tengah, Sekretariat Nasional BUMP, Direktur BKK serta Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Rembang dan Blora.

Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Rembang khususnya Perum Perhutani Kebonharjo menaruh perhatian secara serius untuk masyarakat sekitar hutan agar bisa berkoperasi dan menjadi anggota koperasi supaya perekonomian mereka terangkat. Saat ini di KPH Kebonharjo baru ada 8 sharing di 8 LMDH dari 65 LMDH di KPH Kebonharjo. Rencananya saat akan membuat 35 koperasi dari sisa LMDH di wilayah KPH Kebonharjo.

Dalam Kesempatan ini Kabid Koperasi Dindagkopukm Kabupaten Rembang, dan Jab Fungsional Pengawas ahli muda Dindagkopuk Kab Blora serta PPKL Kab Rembang menyampaikan sosialisasi perkoperasian kepada LMDH-LMDH di wilayah KPH Kebonharjo. Di sini disampaikan bahwa seblumnya sudah ada koperasi-koperasi kehutanan yang tidak aktif. Diharapakan wilayah yang sudah mempunyai koperasi LMDH untuk mengaktifkan kembali koperasi tersebut, dan yang belum bisa mendirikan koperasi, tetapi dengan satu syarat harus bisa berjalan lebih lanjut dan bisa memajukan Masyarakat desa hutan melalui koperasi dan penjualan produk-produk yang dikelola masyarakat desa hutan.

@penyuluhkoperasi
@kemenkopukm
#penyuluhkoperasi
#kemenkopukm
#diskopukmjateng
#dindagkopukmrembang