Halal Is My Life.

Sertifikasi Halal merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi agar produk mampu berkompetisi di era globalisasi, dan untuk dapat meningkatkan daya saing sebuah produk. Dengan Sertifikasi Halal yang dimiliki sebuah produk diharapkan mampu meningkatkan citra positif tentang penjaminan produk, membangun kepercayaan konsumen, memperkuat unique selling point dan tentunya meningkatkan kesempatan dan peluang produk untuk masuk pasar industri halal secara global.

Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melalui bidang Restrukturisasi Usaha dan Pembiayaan kembali memfasilitasi pendaftaran sertifikasi halal 500 UMKM se – Jawa Tengah. Adapun dari 500 UMKM tersebut dibagi menjadi 5 tahap Bimbingan Teknis Sistem Jaminan Halal yang dilaksanakan di Solo dan Semarang. Untuk tahap 1 Bimbingan Teknis Sistem Jaminan Halal dilaksanakan pada tanggal 17-19 Januari 2022 bertempat di Hotel Indah Palace Surakarta dengan jumlah peserta 100 UMKM yang berasal dari beberapa kabupaten/kota.

Dalam sambutannya ibu Dra Ema Rachmawati M.Hum selaku Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa pasar halal global cukup menjanjikan mengingat ada banyak negara di dunia yang mayoritas berpenduduk muslim. Dengan mendaftarkan halal produk UMKM diharapkan bisa menjadi bekal untuk bersaing di pasar global. Yang perlu digarisbawahi bahwa sertifikasi halal tidak pada produk makanan dan minuman saja, tetapi juga fashion bahkan wisata halal yang saat ini sedang gencar dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Tengah.