PONDOK PESANTREN BERKOPERASI

Kab. Batang (17/1) Dengan Alas kaki berselimut lumpur, diantara rindangnya pepohonan di tengah hutan Gunung Tugel, langkah tegap PPKL Kab. Batang beriringan menuju lokasi yang akan menjadi saksi berdirinya koperasi.

Tentu saja semangat PPKL Kab. Batang menambah ringan langkah menuju Pondok Pesantren Al-Mumtaza. Ditemani cuaca mendung, PPKL Kab Batang beserta Anton Adiyanto, SE selaku Pengawas Koperasi Muda di Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang.

Setelah perjalanan panjang sampailah PPKL Kab. Batang bersama dengan Anton Adiyanto, SE sampai di Pondok Pesantren Al-Mumtaza.

Sampai disana memberikan materi mengenai syarat dan prosedur pembentukan koperasi, perangkat organisasi dan prinsip-prinsip koperasi,serta pengurusan Badan Hukum di notaris kepada para santri dan Pak Kyai selaku peserta penyuluhan.

Melalui penyuluhan tersebut terjadilah diskusi yang cukup hangat rencananya Pondok Pesantren Al-Mumtaza akan mendirikan koperasi konsumen sehingga bisa membantu usaha yang dimiliki Ponpes ini berupa peternakan sapi dan pertanian.

Tentu saja pendampingan tidak akan berhenti di situ saja, akan berlanjut sampai dengan koperasi tersebut berdiri bahkan dalam pengembangan usaha dan semua yang berkaitan dengan pendirian koperasi konsumenn dari Pondok Pesantren Al-Mumtaza. Semoga mimpi para santri dan pak Kyai mengembangkan usaha Ponpes ini dapat segera terlaksana