RAT SMP Negeri 5 Pemalang

Pemalang, 20 Januari 2022, KPRI Sejahtera Pemalang Mengadakan RAT Tutup Buku Tahun 2022 di Ruang Kelas SMP Negeri 5 Pemalang, dan menjadi Pelaporan RAT pertama kepada Dinas Koperasi dan UMKM Perindustrian, dan Perdagangan Kab. Pemalang.

Baru mengetahui bahwa Koperasi berbadan hukum wajib untuk melaporkan hasil kegiatan koperasi dalam satu tahun kepada Dinas Koperasi, itu yang di sampaikan oleh Pengurus KPRI Sejahtera yang selama ini melaksanakan RAT hanya dilaporkan kepada anggota dan tidak adanya pelaporan kepada Dinas.
Pada tahun 2019, PPKL Kabupaten Pemalang mendatangi KPRI Sejahtera bersama karena koperasi ini masuk identifikasi koperasi tidak aktif, sehingga PPKL memberikan penyuluhan bahwa koperasi yang mempunyai badan hukum wajib untuk melaporkan hasil kegiatan Koperasi dalam satu Tutup Tahun Buku, yang nantinya akan di gunakan sebagai bahan Pembinaan dalam satu tahun dan juga sebagai data valid sistem ODS yang pastinya datanya di dapatkan secara sah dari Pengurus.

Setelah adanya penyuluhan dari PPKL, Pengurus Koperasi beralasan bahwa Pengurus dari Periode sebelumnya tidak memberitahukan bahwa koperasi berbadan hukum wajib untuk melaporkan hasil RAT, dan untuk tahun berikutnya Koperasi akan selalu memberikan laporan kepada Dinas selaku Pembina sebagai data perkembangan koperasi, input Data ODS atau sebagai data pembinaan Dinas Koperasi untuk satu tahun ke depan.

@kemenkopukm
@diskopukmjateng
@diskoperindagkab.pemalang
@ppkljawatengah
@ppklkab.pemalang