PERJUANGAN 9 TAHUN KOPPONTREN MAFAL BERBUAH MANIS

Koperasi berdiri tahun 1995 dan sempat vakum atau tidak aktif beberapa tahun. Koperasi bisa bangkit lagi mulai tahun 2012 dengan posisi SHU (Sisa Hasil Usaha) minus. Walau demikian, tidak menyurutkan langkah pengurus untuk terus bersemangat dan berkomitmen lagi untuk mengembangkan koperasi.

Terbukti di tahun ke 9 ini, perjuangan koperasi berbuah manis. Koperasi telah mencapai aset 6.5 Milyar dan SHU 200 juta. Administrasi keuangan sudah pakai software Simko dan aplikasi mobile nya, juga sudah punya inventaris mobil dan kantor sendiri.

Koppontren yang beranggotakan pendiri sekaligus para guru dari Yayasan Maftahul Falah ini berkomitmen akan terus menambah anggota baru dengan menerapkan simpanan pokok yang hanya 10.000 dan simpanan wajib 1.000, dengan begitu tidak memberatkan anggota yang akan bergabung sehingga memperkuat modal sendiri koperasi dan tentunya memiliki banyak manfaat.

Di RAT ke 9 ini, Dinas sangat mengapresiasi karena koperasi merupakan koppontren pertama yang menyelengarakan RAT Tutup Buku tahun 2021 di bulan Januari ini.

Rencana kedepannya, Koppontren ini akan memisahkan diri menjadi KSPPS dengan khusus usaha simpan pinjam syariah dan Koppontren Mafal dengan usaha pertokoan/ ritel sehingga akan lebih terfokus di dalam menjalankan usaha koperasi, tentu PPKL Kab.Jepara akan terus mendampingi Koppontren ini agar terus bertahan dan konsisten dalam mengembangkan usaha koperasi demi mewujudkan kemanfaatan dan kesejahteraan anggotanya.

Penulis : Dewi Rahmawati - PPKL Kab.Jepara