HALAL SEBAGAI PENUNJANG EKSPOR.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk. Salah satunya adalah dengan mendaftarkan sertifikasi halal produk. Dengan memiliki Jaminan Produk Halal dapat memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengkonsumsi produk halal.

Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melalui bidang Restrukturisasi Usaha dan Pembiayaan memfasilitasi sertifikasi halal tahap ke 3 dalam rangkaian Fasilitasi Halal 500 UKM se Jawa Tengah Tahun 2022. Dalam rangkaian sertifikasi halal dilaksanakan Bimbingan Teknis Sistem Jaminan Halal pada tanggal 24-26 Januari 2022 bertempat di Hotel Plaza Semarang dengan jumlah peserta 100 UKM yang berasal dari kota Semarang, Demak, Pati, Kudus, Purworejo, kab. Magelang, kota Magelang, Temanggung, Karanganyar, dan Wonosobo.

Dalam sambutannya bapak Ir. Agus Suranta, M.Si selaku Sekertaris Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah akan terus memfasilitasi halal UKM Jawa Tengah untuk mendorong peningkatan perekonomian di wilayah Jawa Tengah. Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, M.A selaku Direktur LPPOM MUI Provinsi Jawa Tengah juga menyampaikan bahwa pendaftaran halal saat ini sudah lebih dipercepat pemrosesannya sesuai yang diamanahkan dalam UU Cipta Kerja tahun 2021. Dr. KH. Ahmad Darodji, M.Si selaku ketua MUI Jawa Tengah menambahkan bahwa mengikuti halal dapat digunakan sebagai salah satu pendukung produk ekspor sehingga diharapkan peserta dapat memaksimalkan kesempatan ini.