GELIAT AROFAH AMANAH BERKAH

Selasa, 25 Januari 2022 dilakukan pembinaan kelembagaan untuk koperasi baru. Bertempat di ruang pertemuan RSI Arafah, perwakilan dari Dinas Perdagangan dan Koperasi dan Ukm bertemu dengan pengurus Koperasi Konsumen Arofah Amanah Berkah.

Untuk saat ini ketua pengurusnya adalah Bpk. Drs. Ismail Husnan. Beliau didampingi oleh pengurus lain, ibu Nuning Nindiwaty, S.Kes serta Mas Imron Safi'i selaku sekretaris dan ikut juga Ibu Friliantin, S.Kes Bendahara koperasi. Koperasi Konsumen Arofah Amanah Berkah berdiri pada tahun 2019 dan saat ini anggotanya adalah 178 orang.

Dalam pembinaan kelembagaan ini hadir Ibu Retno Intaruni Pudjiarno, SE selaku fungsional Pengembangan Usaha Koperasi dan ibu Sulis Setyaningsih, S.IP, MM selaku fungsional pengawas dan pengendali koperasi.

Hadir juga PPKL Kabupaten Rembang, Sdr. Awang Budiyono, SE dan Ismi Wahyuning Putri, S.Pd dalam pembinaan hari ini, mereka juga melakukan pendataan, monev dan update data ODS untuk proses pengajuan sertifikat NIK.

Kegiatan pembinaan hari ini membahas berkaitan administrasi kelembagaan, NIK, NPWP dan NIB (perijinan operasional untuk koperasi). Sisi Kelembagaan berkaitan dengan 16 buku administrasi yang harus dimiliki koperasi. Berkaitan perijinan operasional, koperasi harus memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) yang bisa diakses lewat oss.go.id.

Selain itu koperasi harus memiliki sertifikat NIK (Nomor Induk Koperasi), sebagai wujud koperasi tumbuh dan berkembang dari kelembagaan, usaha dan keuangannya. Perijinan yang ada semua bisa terproses jika koperasi telah memiliki NPWP.

Koperasi yang sehat tentunya administrasinya baik, dari sisi kelembagaannya, usahanya, dan keuangannya.
Tertibnya kelembagaan koperasi karena sebuah kewajiban bersama pengurus, bagaimana koperasi di wilayahmu?
@kemenkopukm
@diskopukmjateng
@penyuluhkoperasi
@ppkljawatengah
@dinindakopukm.rembang
#ppklkemenkopukmri
#ppklprovjateng