pengawasan koperasi

Rembang, 25 Januari 2022
Dinas koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Pengawasan melakukan kunjungan ke Koperasi Konsumen PB2KR di Pamotan Rembang. Koperasi Paguyuban Bakul Bakul Kabupaten Rembang (PB2KR) merupakan koperasi primer Provinsi Jawa Tengah yang berdiri tahun 2020 yang di inisiasi oleh salah satu pedagang yang merasa iba karena banyaknya bakul bakul  kecil di pasar yang terjerat rentenir sehingga tergugah untuk membuat paguyuban.
Fatim selaku bendahara menuturkan awalnya koperasi PB2KR  di beri kesempatan oleh Semen Gresik untuk mengelola dana CSRnya sebagai modal yang dipinjamkan ke anggota dengan  teknis tanggung renteng yang jasanya maksimal 0,5% namun seiring pergantian direksi perusahaan Semen Gresik kesempatan tersebut dicabut sehingga praktis simpan pinjam di koperasi tersebut terhenti. Simpanan Pokok anggota yang terkumpul lima juta habis untuk operasional dan mengurus Badan Hukum, praktis sampai dengan sekarang kondisi keuangan saldonya 0 rupiah imbuhnya.
Kegiatan koperasi saat ini hanya pendampingan  anggota dan mengikutkan buka stand dalam even even yang ada di Kabupaten Rembang.
Adapun tujuan kunjungan Bidang Pengawasan adalah melakukan supervisi, pembinaan dan atau pengawasan koperasi dengan harapan koperasi patuh dan berjalan sesuai dengan regulasi yang ada.

Tim pengawasan