KOPERASI GULA SEMUT UNGGULAN JAWA TENGAH HARUS KUAT

Melalui koperasi lah komoditas unggulan yang ada di Jawa Tengah diharapkan bisa semakin memperkuat perekonomian masyarakat. Dengan begitu, perlu diadakan Bintek sebagai bentuk koordinasi dan dukungan koperasi di dalam menguatkan manajemen usaha koperasi.

Nah, Bintek Manajemen Usaha Koperasi ini dilaksanakan selama 3 hari ( 25 - 27 Januari 2022) di Hotel Meotel Purwokerto, seperti yang kita ketahui Provinsi Jawa Tengah memiliki ratusan komoditas unggulan yang layak untuk dikembangkan dan salah satunya adalah gula semut / palm sugar. Komoditas ini sangat diminati oleh pasar Internasional/ekspor, terbukti nilai ekspor gula semut dari Jawa Tengah selalu meningkat tiap tahunnya.

Problem yang mendasar yang dihadapi Koperasi Produsen Gula Semut ini diantaranya : bagaimana cara menjaga kualitas, kuantitas dan kontinuitas produk sehingga tetap eksis dalam permintaan pasar internasional. Lalu problem kompleks yang dihadapi antara lain perlunya peremajaan pohon kelapa, peremajaan petani dan perlunya komitmen anggota petani penderes untuk menjaga kualitas produksi, serta pentingnya memperluas akses pemasaran baik lokal maupun ekspor.

Eeittsss . . Bintek ini sangat penting lho bagi Koperasi Produsen Gula Semut sebagai media berdiskusi serta merajut mimpi untuk bersiasat dan menyusun strategi bagaimana koperasi harus berkembang demi mewujudman petani/ anggota koperasi yang lebih sejahtera. Sehingga perlu disusun roadmap di dalam penguatan sinergitas, pemetaan SWOT, dan bentuk aksi nyata penguatan ekonomi kerakyatan berbasis komoditas melalui koperasi.