Pengawasan Koperasi

Wonosobo, 26 Januari 2022
Koperasi Simpan Pinjam Alfa Dana Dinamika yang berlokasi di Jalan Gendol Pacarmulyo, Kab. Wonosobo merupakan koperasi yang berkesempatan untuk dikunjungi oleh Bidang Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah. KSP Alfa Dana Dinamika baru berdiri pada November 2021 dimana koperasi tersebut masih banyak butuh pendampingan terutama dalam pencatatan neraca.
Koperasi melakukan pencatatan keuangan dengan cara konvensional dan belum terkomputerisasi. Pencatatan keuangan koperasi di tulis pada buku kas harian, buku kas penuntun dan kemudian di catat di buku rekapitulasi. Begitu juga dengan pinjaman, yang masih ditulis dalam buku pinjaman. Pengurus koperasi terlihat masih kurang mendalami tentang ilmu perkoperasian, terlihat dari koperasi yang masih bingung untuk menentukan jasa pinjaman dan 20 anggota yang sudah bergabung dengan koperasi belum ditulis dalam buku anggota beserta cap ibu jari dan disahkan oleh pengurus. Selain itu, manajer belum mengikuti uji sertifikasi serta SOP dan SOM juga belum disusun.
Namun, koperasi sudah memeliki atribut dasar seperti papan nama koperasi, struktur organisasi koperasi, 18 buku organisasi. Dengan adanya pengawasan terhadap KSP Alfa Dana Dinamika diharapkan kedepannya koperasi ini dapat berkembang lebih baik dan secepatnya mendapatkan pendidikan perkoperasian untuk menunjang operasional koperasi kedepannya. Kami mendukung semangat pengurus koperasi yang mau untuk terus belajar dan mengasah ilmu perkoperasian untuk bekal menjalankan koperasi kedepannya.

Tim Pengawas