BHAKTI PANGESTU KOPERASI^KU

Pembinaan, pengawasan koperasi, merupakan tugas dan fungsi dari dinas yang membidangi koperasi. Di kabupaten Rembang adalah OPD Dinas Perdagangan dan Koperasi dan UKM (DINDAGKOPUKM Kabupaten Rembang)

Pembinaan dan pengawasan koperasi melalui metode kunjungan kelapangan, untuk mengidentifikasi, evaluasi dan monitoring suatu koperasi. Apakah koperasi sudah berjalan sesuai dengan prinsip koperasi dan aturan perundangan yang berlaku.

Kamis, 27 Januari 2022 dilakukan kunjungan pembinaan dan pengawasan di Kantor KSP Bhakti Pangestu yang berlokasi di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang.

Kegiatan kunjungan dilakukan oleh Awang Budiyono, SE PPKL Kab. Rembang dengan Ibu Sulis Setianingsih, S.IP, MM fungsional pengawas koperasi. Di rumah Ketua Pengurus Ibu Tasiah sekaligus sebagai kantor KSP Bhakti Pangestu.

Dalam pembinaan, membahas berkaitan pengembangan usaha koperasi kedepannya. Serta saling sharing berkaitan permodalan koperasi yang masih terbatas. Butuh penambahan modal dari pihak ke-3 sebagai solusi terbatasnya modal yang dimiliki.

Kedepan akan dicoba membuat jembatan kerjasama antara pihak LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) dengan Koperasi sebagai salah satu alternatif sumber permodalan koperasi dengan suku bunga yang rendah.

Modal koperasi berasal dari simpanan pokok,simpanan wajib dan hibah serta modal penyertaan.. Dan uang kas dan piutang lancar ibarat aliran darah dalam koperasi simpan pinjam, sehingga butuh managemen yang tepat dan baik.
So jagalah cash flow secara bijaksana karena itu adalah jantungnya koperasi.!

@kemenkopukm
@diskopukmjateng
@penyuluhkoperasi
@ppkljawatengah
@dinindakopukm.rembang
#ppklkemenkopukmri
#ppklprovjateng