MIMPI TERE MEMILIKI 5000 KARYAWAN

Tiap motif batik memiliki cerita dan maknanya sendiri. Begitupun dengan kain-kain batik yang terpajang di Gallery TereBatik @terebatik.idn yang berada di Kab. Kudus. Teresia Leony atau yang akrab dipanggil Tere, Owner Terebatik, menceritakan kepada Tim Balatkop UKM Provinsi Jawa Tengah saat berkunjung dalam rangka monitoring dan evaluasi pasca pelatihan ke TereBatik bahwa setiap dari kain batik yang ada di Terebatik memiliki desain limited edition atau hanya ada satu di dunia, dan masing-masing motif tersebut memiliki ceritanya sendiri. Motif batik di Terebatik mengusung cerita tentang kekayaan alam, sejarah, legenda maupun dongeng rakyat di daerah Kudus.
Berawal dari tahun 2014 yang merupakan titik balik kehidupan sang owner, di PHK dari pekerjaan sebelumnya lalu memutuskan untuk mendalami dunia batik dan sempat merasakan ikut Pelatihan Batik Dasar di Balatkop beberapa tahun yang lalu. Dari situ kehidupan Tere mulai menuju ke arah yang baru, mengerjakan kain batiknya sendiri dengan dibantu 2 orang pengrajin lainnya, hingga akhirnya bisa terjual dan mengikuti banyak expo dan pameran. Dari situ Tere mulai memikirkan konsep usaha ke depannya dan selalu menghasilkan cerita baru melalui motif batik.
Pada tahun 2021, Tere mengikuti Pelatihan Berjenjang Manajemen Operasional dan SDM hingga lulus level 3. Tere bercerita bahwa dengan mengikuti pelatihan berjenjang tersebut memberikan banyak perubahan baik bagi usahanya. Setelah mengikuti pelatihan berjenjang, Tere mulai melakukan pemisahan produksi, menata barang sesuai kategori, pendataan stok barang, merekrut staf khusus media sosial dan merapikan kembali pembukuan usaha. Selain itu, setelah dari pelatihan berjenjang Terebatik juga mengalami kenaikan baik dari omset maupun aset dan saat ini telah memiliki 6 karyawan toko, 17 pembatik, toko yang juga sebagai gallery dan tempat membatik yang terpisah.
Disamping apa yang berhasil dicapai Tere saat ini, perempuan asli Pekalongan ini juga memiliki mimpi besar dan mulia. Tere memiliki mimpi besar untuk usahanya, yaitu memiliki 5000 karyawan dalam 20 tahun kedepan. Dengan menggandeng pengrajin batik di daerah kudus khususnya dan Jawa Tengah umumnya, serta merangkul masyarakat kudus dan sekitarnya untuk dapat bersama-sama mengangkat kekayaan Kudus melalui kain batik. Selain itu, di dalam hidupnya Tere memiliki misi untuk dapat berguna dan menjadi berkat untuk manusia lainnya.
Kalian juga mau merasakan perubahan baik karena mengikuti pelatihan berjenjang? Kepoin terus informasi pelatihan berjenjang di @balatkopukmjateng ya, jangan sampai ada berita yang tertinggal.
#pelatihan berjenjang
#balatkopukm
#diskopukmjateng
#provjateng