Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Samiaji

Menjadi anggota koperasi adalah suatu kenikmatan dan pilihan yang tepat. Berbagai kemudahan disajikan koperasi untuk kesejahteraan para anggotanya. Anggota menjadi pemilik sekaligus sebagai pengguna dalam koperasi, sehingga arah juang koperasi berada di tangan anggota.

Seiring berjalannya waktu, kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi keniscayaan dan harus dimanfaatkan dengan baik. Terkhusus untuk koperasi, kesan jadul dan kuno harus disingkirkan sejauh mungkin agar koperasi dapat diterima oleh semua kalangan.

KPRI Samiaji dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun tutup buku 2021, Sabtu (29/1) bertempat di SDN Subah 01 melakukan hal yang berbeda dibanding tahun sebelumnya. Apa itu? Ya, pengurus KPRI Samiaji menggunakan fitur Google Form untuk menyaring aspirasi anggota.

Sederhananya, pengurus KPRI Samiaji menyebarkan link Google Form ini kepada para anggota sebelum hari H pelaksanaan RAT. Kemudian ketika hari H pelaksanaan RAT dalam sesi pandangan umum, aspirasi anggota yang masuk melalui Google Form kemudian ditanggapi pengurus dan disampaikan kepada anggota yang hadir dalam forum. Penggunaan Google Form dianggap lebih efisien dalam mengakomodir aspirasi anggota. Diharapkan kesejahteraan anggota lebih tercover dengan baik oleh pengurus koperasi.

RAT kali ini dihadiri oleh Muspika Kec. Subah, PKP-RI, serta Disperindagkop dan UKM Kab. Batang yang diwakili Kasi. Kelembagaan dan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL).

Perlahan namun pasti, diharapkan koperasi dapat beradaptasi dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempermudah pekerjaan.