Koperasi Baru Langsung Tancap Gas

Temanggung, 27 Januari 2022
Dinas Koperasi & UKM Prov. Jawa Tengah melalui bidang Pengawasan melakukan kunjungan ke Kospin Karya Bhakti Gemilang di Kab. Temanggung dalam rangka Pengawasan/Monitoring dan Evaluasi. Kospin Karya Bhakti Gemilang merupakan koperasi Primer Provinsi Jawa Tengah yang berdiri tahun 2021 dengan Badan Hukum No. AHU-0012363.AH.01.26 tanggal 23 September 2021.
Meskipun terbilang baru berdiri, Kospin Karya Bhakti Gemilang cukup sukses dalam membangun koperasi untuk melayani anggotanya. Kantornya cukup bagus dan representatif sehingga dapat meningkatkan kredibilitas koperasi di mata masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan, seperti anggota, pemerintah dan kreditur/lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Buku organisasi serta penyajian laporan keuangan dinilai sudah cukup bagus dan sesuai dengan regulasi yang berlaku, hanya saja untuk Struktur Organisasi masih diperlukan beberapa penyesuaian.

Anggota Kospin Karya Bhakti Gemilang terbilang heterogen, dengan mayoritas adalah petani. Simpanan Pokok untuk menjadi anggota sebesar Rp 20.000 dan Simpanan Wajib yaitu Rp 10.000 per bulan. Selain Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib, Kospin Karya Bhakti Gemilang menghimpun Simpanan Berjangka dari anggota dengan jangka waktu simpanan 1,3,6 dan 12 bulan dengan jasa bunga sebesar 9-12% / tahun.

Dalam operasionalnya, Kospin Karya Bhakti Gemilang mendasarkan regulasi yang diterbitkan oleh Kemenkop dan peraturan lain yang relevan, diharapkan anggota semakin nyaman dan percaya untuk mengakses, baik produk simpanan maupun pinjaman di Kospin Karya Bhakti Gemilang.
Pembinaan dan Pengawasan Koperasi yang dilakukan, diharapkan dapat mendorong Kospin Bhakti Gemilang agar bisa lebih berkembang, selaras dengan regulasi yang ada dan lebih bermanfaat bagi anggotanya.