KOPERASI BINGUNG ? PPKL HADIR & SIAP MEMBANTU

Senin (31/01) Di era digitalisasi ini semua sektor dituntut harus ikut dengan perkembangan yang ada tidak terkecuali sektor Koperasi. Apalagi saat ini, segala bentuk perizinan usaha sudah terintegrasi satu pintu dan saling terkait hanya melalui sistim online atau yang biasa disebut OSS (Online Single Submission).

Hal itulah yang masih banyak koperasi bingung dengan sistim perizinan yang terbaru ini.

Seperti Kopkar Bina Sejahtera ini dengan anggotanya adalah Karyawan Perumda (Perusahaan Umum Daerah) Kabupaten Jepara dan menjalankan unit usaha simpan pinjam. Diawal tahun ini berencana akan mengajukan pembiayaan ke pihak ketiga untuk keperluan penambahan permodalan koperasi.

Diantara persyaratan pengajuan pembiayaan ke pihak ketiga adalah Sertifikat NIK, Sertifikat penilaian kesehatan koperasi, dan Ijin Operasional Simpan Pinjam.

PPKL Kab.Jepara memberikan informasi terkait syarat-syarat dan alur pengajuan penilaian kesehatan koperasi, sertifikat NIK dan ijin usaha simpan pinjam melalui OSS. Selain itu akan terus dilakukan pendampingan terkait pemenuhan syarat-syarat tesebut sehingga koperasi tidak bingung lagi dan semakin tertib administrasi koperasi.

Penulis : Dewi Rahmawati, Amd - PPKL Kab.Jepara