TELAT RAT BUKAN BERARTI TIDAK RAT

Berjalannya organisasi pasti tidak terlepas dari adanya masalah dan kendala melintang. Banyak faktor yang menjadikan aral itu melintang. Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh koperasi.

Pandemi Covid 19 sejak 2020 lalu dirasa membawa tantangan bagi gerakan koperasi untuk dalam melaksanakan aktivitas perkoperasian, salah satunya adalah dalam melaksanakan RAT.

Koperasi Angkutan Desa (KOPERADES) menjadi salah satu yang merasakan kendala dalam pelaksanaan RAT ditengah Pandemi Covid 19, sejak TB 2019 yang sudah untuk ber RAT hingga kini masih bimbang dalam proses RAT ditengah Pandemi Covid 19.

Senin, 31 Januari 2021 bertempat di Kantor KOPERADES PPKL menyambangi pengurus yakni Bendahara dan Sekretaris memenuhi surat permohonan pengurus perihal pendampingan pelaksanaan RAT. PPKL Kab.Banyunas mengedukasi bahwa Pandemi Covid 19 bukanlah aral untuk tidak ber RAT, banyak alternatif cara untuk melaksanakan RAT dg mengacu pada Permenkop 19/2015 Tentang Pedoman RAT. Selain itu PPKL jg turut membantu pembuatan laporan keuangan KOPERADES hingga siap untuk RAT.

Jadi, setiap masalah pasti ada solusinya. Dan lebih baik terlambat namun harus belajar dan memperbaiki agar aral lalu tidak datang kembali.