SEJAHTERA ALA BINTANG TIMUR

Kesejahteraan anggota merupakan tujuan utama berdirinya sebuah koperasi. Semakin besar manfaat yang bisa diberikan koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota maka akan semakin tinggi pula minat masyarakat untuk bergabung menjadi anggota koperasi tersebut.

Prinsip ini pulalah yang di pegang oleh pengurus Koperasi Kredit ( Kopdit ) Bintang Timur Kabupaten Wonogiri dalam mengelola koperasinya. Dalam kesempatan kegiatan supervisi di Kopdit Bintang Timur ( senin, 31 Januari 2022 ), Bp. Ediyanto selaku wakil ketua pengurus menjelaskan banyak hal tentang kesejahteraan yang diperoleh anggota Kopdit Bintang Timur baik secara ekonomi maupun non ekonomi.

Manfaat ekonomi yang dirasakan sebagai anggota koperasi antara lain dengan membebankan bunga pinjaman yang relatif ringan bagi anggota yang pinjam. Disamping itu pinjaman anggota pun diasuransikan bekerjasama dengan pihak ketiga, sehingga manakala angsuran pinjaman anggota mengalami kemacetan dengan kriteria tertentu, koperasi akan mengajukan klaim pada pihak ketiga untuk menutup/menyelesaikan sisa pinjaman anggota tersebut. Koperasi juga beberapa kali melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi anggota untuk memperkuat jiwa kewirausahaan dan menumbuhkan kreatifitas anggota. Dengan munculnya wirausaha-wirausaha baru pada anggota Kopdit Bintang Timur diharapkan mampu meningkatkan partisipasi anggota dalam membesarkan koperasi.
Teknologi informasi yang semakin canggih saat ini juga dimanfaatkan oleh pengurus dalam memberikan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan menyampaikan informasi berkaitan dengan koperasi. Transaksi yang terjadi dapat dilihat dan diawasi secara realtime. Anggota juga dapat mengakses dan mengotrol transaksi yang mereka lakukan di koperasi dengan menggunakan aplikasi tertentu di handphone, sehingga masing-masing anggota dapat melihat rekap dan saldo simpanan maupun pinjaman tanpa harus mendatangi koperasi.
Sementara manfaat non ekonomi yang bisa dirasakan anggota antara lain mengikutsertakan anggota dalam program asuransi jiwa dengan premi yang ditanggung koperasi. Manakala anggota menghadapi musibah sakit maupun meninggal maka akan memperoleh santunan yang besarannya sesuai dengan aturan yang berlaku.
Bp. Ediyanto pada kesempatan itu juga menyampaikan keunggulan koperasi bintang timur antara lain dengan melaksanakan pendidikan dasar (diksar) bagi calon anggota. Dilaksanakannya diksar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tetang perkoperasian pada umumnya dan gambaran Kopdit Bintang Timur pada khususnya, sehingga pada saat calon anggota sudah terdaftar menjadi anggota koperasi mereka paham tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh anggota. Keikutsertaan anggota dalam diksar ini juga menjadi prasyarat wajib bagi anggota untuk memperoleh pelayanan di Kopdit Bintang Timur.
Pengurus berkeyakinan dengan transparansinya pengelolaan koperasi serta dukungan teknologi informasi yang terus berkembang, maka koperasi yang saat ini beranggotakan 1.178 orang akan terus berkembang dan menjadi solusi bagi masyarakat wonogiri dalam meningkatkan kesejahteraannya.