Siasat Pengusaha Muda di Era Milenial

Kab.Pati, Ketika kami Tim Balatkop mendatangi salah satu alumni Peserta Pelatihan Leveling, yang telah lolos di level 3, kami dibuat tertegun. Muda, energik, semangat dan inspiratif. Ya...itulah image Noviana Purba Lestama yang biasa dipanggil "Mbak Novi". Dialah pemilik usaha "Pipik's Snack". Strategik dan inspiratif, label kami kepadanya. Bagaimana tidak, di usianya yang masih sangat muda, umur 19 tahun dia memulai usahanya, memproduksi berbagai macam olahan snack yang utamanya berbahan dasar jagung. Di tangan Mbak Novi ini, jagung yang biasa digunakan sebagai pakan ternak, dia sulap menjadi snack yang digemari banyak orang, antara lain Corn Chips (keripik jagung) dengan berbagai macam rasa, mulai dari original sampai balado. Selain menggunakan bhaan dasar jagung, di Pipik's Snack ini juga mengolah snack berbahan dasar lainnya diantaranya kentang menjadi kripik kentang dll.

Uniknya adalah, strategi pengelolaan usahanya yang cukup bagus. Mbak Novi ini memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitarnya untuk mengembangkan usahanya. Mulai dari tenaga kerja, dia memberdayakan pensiunan karyawan Dua Kelinci yang usianya masih cukup produktif. Mereka sudah berpengalaman kerja sehingga Mbak Novi tinggal menggunakannya tanpa perlu melatihnya.

Selain itu juga, mesin2 yang digunakan untuk pengolahan juga sudah modern dan berkapasitas besar. Dia tidak membeli mesin baru tetapi dia memanfaatkan mesin second yang sudah tidak digunakan pabrik namun masih bagus performanya.

Dan yang membuat kita semakin yakin bahwa Mbak Novi ini inspiratif adalah dia memberdayakan petani sekitar untuk menanam dan mengolah singkong, jagung, kentang yang menjadi bahan dasar snack olahannya.

Hmmmmm.....bikin iri kan?
Itulah kisah insiratif dari Pati. Yang muda, energik, inspiratif dan strategik....

Mau tau bagaimana kisah sukses alumni pelatihan Balatkop...yukk kepoin medsos dan website Balatkop juga medsos dan IG Dinkop tentunya...
Salam Sobat Balatkop.
@balatkopukmjateng

#pelatihanberjenjang
#balatkopukm
#provjateng