SAMPAH OTW MENJADI KOPERASI ?

Tindak lanjut dari kedatangan bapak - bapak komunitas peduli lingkungan terkait sampah yaitu dibentuklah Forum Peduli Sampah yang diketuai oleh Bapak Subandio, yang sekaligus saat ini melakukan penyuluhan perkoperasian sebagai bentuk keseriusan mereka didalam membentuk koperasi.

Acara penyuluhan perkoperasian dilaksanakan dirumah bapak Ali Suaidi dan dihadiri oleh Bapak Camat Kalinyamatan, Petinggi Desa Tigo Juru beserta perangkatnya dan pengurus BUMDES, selain itu dihadiri juga dari BPAP dan Ketua Bank Sampah Jepara.

Keinginan mewujudkan Jepara bebas sampah 2023 memicu semangat untuk mengedukasi masyarakat agar peduli terhadap pengelolaan sampah melalui koperasi nantinya. Mulai dari memilih, memilah, dan mengelola sampah menjadi produk yang berdaya guna dan bernilai ekonomis.

Planning jangka pendek adalah segera melegalkan usaha mereka dalam bentuk Koperasi dan diberi nama Koperasi Produsen Pengelola Sampah Jepara dengan Desa Tigojuru sebagai Pioneer dalam edukasi masyarakat.

Dengan adanya percontohan pengelolaan sampah melalui koperasi ini nantinya diharapkan bisa melebar dan diikuti oleh daerah lainnya di Kabupaten Jepara, selain itu dengan koperasi lah diharapkan bisa mewujudkan pengelolaan sampah yg cerdas bernilai ekonomis sehingga masyarakat lebih sejahtera.

Penulis : Dewi Rahmawati
PPKL Jepara