RAKOR SATGAS AGAR SELARAS

Semarang, 9 Februari 2022
Hari kedua gelaran Rakor satgas pengawas koperasi se Jawa Tengah yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Melalui Bidang Pengawasan di Hotel @HOM Kota Semarang, mengupas teknis pengawasan dan pemeriksaan koperasi dengan Kertas Kerja Pemeriksaan Koperasi (KKPKK) yang sangat komplek dengan berbagai variabelnya yang mana semua itu bertujuan mengukur secara aktual kesehatan koperasi yang terbagi menjadi empat Klasifikasi Usaha Koperasi (KUK).
Selain materi di atas Rakor juga membahas Jabatan Fungsional Pengawas Koperasi (JFPK) khususnya dari program penyetaraan struktural. Materi ini membahas penyusunan Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit ( DUPAK) sebagai media kenaikan pangkat fungsional pengawas koperasi.
Siti Aedah, SPt, MP. selaku pemateri dari Asdep Pengembangan SDM pada Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI mengupas tuntas isi Permenpan RB Nomor 43 Tahun 2018.

Peserta rakor sangat antusias terhadap paparan pemateri karena selain perserta yang merupakan anggota satgas pengawas koperasi yang mengalami penyertaan dari eselon IV menjadi JFPK Ahli Muda per Desember 2021 merekapun masih asing dengan hal-hal yang disampaikan pemateri.

Siti Aedah, SPt, MP selaku menuturkan Jabatan Fungsional Pengawas Koperasi terdiri 4 jenjang, yaitu .1. Pengawas koperasi ahli pertama
2. Pengawas koperasi ahli muda
3. Pengawas koperasi ahli madya
4. pengawas koperasi ahli utama

Imbuhnya Pengangkatan JFPK dapat dilakukan melalui pengangkatan pertama, perpindahan dari jabatan lain, penyesuaian (inpassing) dan promosi.