Rekonsiliasi Adalah Solusi bagi Koperasi

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyelenggarakan Rapat Rekonsiliasi di Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen, Jawa Tengah pada Rabu (09/02/2022). DISKUMINDAG Kabupaten Sragen sebagai tuan rumah memberikan fasilitas tempat untuk terselenggaranya rapat rekonsiliasi atau penyesuaian pinjaman oleh koperasi terhadap LPDB dan pengalihan dana bergulir ke rekening LPDB-KUMKM.

Rapat ini dihadiri oleh perwakilan LPDB tingkat Provinsi Jawa Tengah, pihak perbankan, dan tentunya dari gerakan koperasi yang ada di Kabupaten Sragen. Dalam rapat ini, DISKUMINDAG Kabupaten Sragen hanya mengundang 10 Koperasi saja dikarenakan tempat dan situasi yang belum memungkinkan.

Kegiatan rekonsiliasi ini dilaksanakan sebagai upaya meyakinkan keakuratan data dalam penyusunan laporan keuangan. Hasil dari rekonsiliasi berupa berita acara rekonsiliasi yang menyatakan bahwa proses rekonsiliasi telah dilaksanakan serta telah menunjukkan hasil yang sama atau telah memenuhi kriteria.

Kami selaku PPKL (Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan) di DISKUMINDAG Kabupaten Sragen akan selalu membantu LPDB-KUMKM. Dengan diselenggarankannya rapat ini, semoga dapat menjadi solusi penyesuaian pinjaman oleh koperasi dan proses pengalihan dana bergulir atas nama koperasi ke rekening LPDB KUMKM tidak terkendala.